Download Aplikasi Surat Warga di Play Store


Layanan Interaktif Surat Warga (Kirim Surat Disini)

Nono123

  • Kepada Yth. Bp. Drs.H.M Sanusi, M.M Bupati Kabupaten Malang. Dengan hormat. Perlu kami sampaikan bahwa semenjak berdirinya Pasar Baru Pujon, akses jalannya masih seperti dulu, sekelas jalan kampung, sempit dan terasa tdk muat dan tdk nyaman utk dilalui dua kendaraan berlawanan arah. Untuk itu kami mohon kepada Bpk Bupati yg kami hormati, untuk berkenan melebarkan jalan tsb. Adapun harapan kami adalah ingin maju bersama seperti di kecamatan2 yg lain yg ada di Kab.Malang. Tdk berlebihan kiranya apabila jalan depan Pasar tsb diperlebar mulai dari Ds. Ngroto sampai Pandesari, yg panjangnya kira kira 1 km. Alasan kami adalah. 1. Pasar bisa lebih berkembang dan hidup. 2. Sebagai jalur alternatif, dan meningkatkan kelas tanah. 3. Sekitar jalan tsb akan menjadi lahan baru untuk peluang usaha toko, kuliner, bengkel dll. Demikian harapan kami, semoga Bpk Bupati berkenan. Mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan Semoga menjadikan amal kebaikan sepanjang jalan dan sepanjang masa. Hormati kami Haryono Pujon Malang.

Nono123

  • Kepada Yth. Bp. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga. Kabupaten Malang. Dengan hormat. Perlu kami sampaikan bahwa semenjak berdirinya Pasar Baru Pujon, akses jalannya masih seperti dulu, sekelas jalan kampung, sempit dan terasa tdk muat dan tdk nyaman dilalui dua kendaraan berlawanan arah. Untuk itu kami mohon kepada Bpk yg berwenang untuk berkenan melebarkan jalan tsb. Adapun harapan kami adalah ingin maju bersama seperti di kecamatan2 yg lain yg ada di Kab.Malang. Tdk berlebihan kiranya apabila jalan depan Pasar tsb diperlebar mulai dari Ds. Ngroto sampai Pandesari, yg panjangnya kira kira 1 km. Alasan kami adalah. 1. Pasar bisa lebih berkembang dan hidup. 2. Sebagai jalur alternatif. 3. Sekitar jalan tsb akan menjadi lahan baru untuk peluang usaha toko, kuliner, bengkel dll. Demikian harapan kami, semoga Bpk yg berwenang berkenan. Mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan Semoga menjadikan amal kebaikan sepanjang jalan dan sepanjang masa. Wassalam

Zaenal

  • SK PERPANJANGAN BPD PERLU DIPERTIMBANGKAN DAHULU
Tanggapan

Nanmaden

  • Perubahan pada Data E-KTP apa harus di kecamatan tempat tinggal sesuai E-KTP ? Atau bisa dilakukan di kecamatan tempat tinggal saat ini ? Terima kasih
Tanggapan

Meynova

  • Kepada Yth Bapak/Ibu Pemkab Malang Mohon untuk dilakukan perbaikan Jalan Raya di perbatasan Jln Raya Candi V s/d Jln Karang Ampel Timur, Krn jalan berlubang di sepanjang jln sehingga rawan terjadi kecelakaan dan juga membuat kendaraan menjadi rusak
Tanggapan

dededindra

  • Kepada Yth. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang Dengan hormat, Sehubungan dengan kondisi infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Malang, kami selaku masyarakat yang berkegiatan di daerah tersebut ingin menyampaikan keluhan dan permohonan kami terkait dengan kondisi jalan yang memerlukan perhatian segera. Kami mohon kepada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang untuk memberikan perhatian dan menindaklanjuti perbaikan jalan berlubang yang sudah lama sekali tidak diperbaiki di sepanjang Jl. Raya Candi V sampai Jl. Karang Widoro. (Lokasi ini mencakup area dari pertigaan ke Greenland, daerah Bukit Cemara Tidar, Giri Palma hingga ke Bridge Town). Kondisi jalan yang berlubang ini sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan tinggi karena setiap kendaraan yang melintas harus menghindari lubang-lubang tersebut, yang dapat membahayakan pengendara lain. Sangat khawatir akan keselamatan pengguna jalan, terutama pada malam hari atau saat hujan ketika lubang-lubang tersebut tidak terlihat jelas. Oleh karena itu, kami berharap Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang dapat segera melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan di lokasi tersebut demi keselamatan dan kenyamanan bersama. Kami sangat mengharapkan tindak lanjut secepatnya untuk mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di daerah kami. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. Hormat saya, Deded Indra.
Tanggapan

Sam nawi

  • Kepada Yth Bapak/Ibu Pemkab Malang, mohon untuk diperbaiki Jalan Raya di perbatasan Jl Raya Candi V s/d Jl Karang Ampel Timur, karena jalan banyak rusak dan menelan banyak korban, membuat kendaraan menjadi rusak,
Tanggapan

ANY MAULANAH

  • Assalamualaikum mohon info kenapa bpnt saya di kementerian tertulis bulan Januari 2024 dan status ya, akan tetapi sampai sekarang belum cair sama sekali ? Punya tetangga statusnya sudah bulan April 2024, mohon penjelasannya terimakasih
Tanggapan

Nanmaden

  • E-KTP saya dan istri hilang, sedangkan data pada E-KTP tersebut masih data lama dan belum pembaharuan terbaru seperti status, pekerjaan dll. untuk itu saya rencana memperbarui data sekaligus mencetak ulang tanpa laporan kehilangan dan mencetak kembali E-KTP data yg lama apa bisa ? Soalnya KK saya baru jadi dan sudah menggunakan data yang terbaru, terima kasih. Dan Apa ada solusi atau cara lain yang efektif untuk mengurus terkait kejadian yg saya alami ? Terima kasih.
Tanggapan

Muhammad Yusuf Aldiansyah

  • Tolong untuk website di kecamatan lawang segera diperbaiki karena website tidak mau terbuka, saya jadi tidak bisa lapor secara online.
Tanggapan

ndhylau

  • TOLONG PEMERINTAH KAB. MALANG MENINDAKLANJUTI KELUHAN WARGA PERUMAHAN KRESNA ASRI WAGIR, KAB. MALANG TERKAIT TARIF AIR YANG SANGAT MAHAL UNTUK SEKELAS PERUMAHAN SUBSIDI, KARENA PIHAK DEVELOPER TIDAK MAU TAHU ATAS KEJADIAN INI
Tanggapan

dimasbc

  • Assalamualaikum, mohon izin untuk menyampaikan beberapa hal terkait dengan permasalahan di perumahan Kresna asri wagir yang terletak di jl Kresna desa sidorahayu kecamatan wagir. terdapat permasalahan terkait dengan penetapan harga penggunaan air yang dikelola pihak perumahan. sebagai contoh rumah saya dikenanakn biaya 96.500 untuk penggunaan 18m3. Sebagai informasi juga perumahan kami adalah rumah subsidi yang berarti perumahan itu ditujukan kepada masyarakat menengah atau menengah kebawah namun mengapa harga pemakaian air yang dikelola perumahan harga nya sangat tinggi jika dibandingkan dengan perumahan subsidi lain. Tarif itu adalah Tarif baru. Kami merasa pihak perumahan melakukan kenaikan tarif secara sepihak tanpa ada komunikasi dengn warga Hingga saat ini pihak perumahan tidak ada komunikasi yang baik kepada warga, mohon kiranya untuk dilakukan mediasi, pendampingan terhadap permasalahan kami. Terimakasih.
Tanggapan

bocil99

  • mohon di kaji ulang tarif di perumahan kresna asri sidorahayu wagir kab. malang... apakah benar tarif air wajib hukumnya bayar segitu, padhal itu rumah bersubsidi... sedangkan fasum yang di janjikan hanya musholah yg sudah berdiri,,, itupun dengan desakan warga... di cek jg pengurus2nya apa sudah benar sperti itu, krna setiap ada keluhan dr warga tidak pernah di dengar....
Tanggapan

auliarohmah1982@gmail.com

  • Kepada Yth. Bapak Camat Pakis, Assalamu'alaikum warohmatullohiwabarokatuh, Sebagai rakyat kecil saya ingin menyampaikan tentang maraknya penggunaan pengeras suara saat tadarus di bulan romadlon,sepengetahuan saya pemerintah sudah menerbitkan aturan bahwa kegiatan di bulan romadlon ketika malam hari maksimal sampai jam 22:00,ma'af kalau saya keliru,tapi kenapa di tempat saya desa sumber pasir RT 01 RW 01 masih melebihi jam 22:00 bahkan ada yang sampai jam 23:30 itu pun dengan menggunakan pengeras suara,ma'af bapak bupati,saya pernah membaca kisah rosululloh dalam suatu riwayat menegur sahabat yang beribadah dengan suara keras di dalam masjid dikhawatirkan mengganggu warga?sekali lagi saya mohon ma'af,saya kalau malam tidak bulan romadlon pun sulit untuk tidur,awal puasa hampir semalaman saya tidak tidur,akhirnya setiap malam saya tidur di tempat ibu saya dengan meninggalkan suami dan anak yang harus nunggu rumah,saya sudah laporan ke desa tapi dilempar lempar dengan alasan sudah ada himbauan,waktu saya tanya ke pak RT katanya tidak ada himbauan,dan tidak ada tindakan,dulu waktu hamil saya juga mengalami susah tidur bertepatan di bulan romadlon,pernah menegur tapi mereka tetap seperti tidak menggubris,terus saya mau minta tolong sama siapa pak?di tempat saya satu RT yang hanya sedikit itu dikelilingi 3 mushola yang sama sama menggunakan Toa,saya berada di tengah,ada beberapa warga juga yang merasa terganggu tapi mereka memilih diam,ketika saya bersuara seakan akan saya yang salah mereka yang benar,saya ingin sewaktu di bulan romadlon ini tenang seperti desa desa yang lain yang sudah tertib,kalau tertib saya merasa betapa indahnya islam beribadah tanpa mengganggu yang lain,saya juga ingin bisa tidur nyenyak seperti mereka tanpa peduli dengan suara,tapi apakah ini kehendak saya? Tolong pak,untuk saat ini dan untuk kedepannya terbitkan surat edaran,dikumpulkan semua pengurus mushola di setiap RT,diberikan arahan,agar bisa tertib,berikan arahan jika melanggar,saya tidak benci sama orang mengaji pak,silahkan mulai subuh sampai isya pakai toa,tapi berikan ketenangan di malam hari untuk beristirahat,urusan ibadah itu masing masing,kalau siang tempat saya bising,pandai besi,orang produksi pagar besi,kanopi,juga yang lain,tapi saya maklum mereka mencari nafkah,tolooonggg...berikan ketenangan di malam hari,agar kita bisa menggapai kemuliaan di bulan romadlon yang penuh barokah ini...
Tanggapan

intandita

  • Investasi di Kab Malang tentunya ingin dikembangkan, dan salah satu stakeholder yang berperan dalam hal ini adalah DPMPTSP Kab Malang. Salah satunya ialah investasi dalam bidang perumahan, dan tentunya ada beberapa perizinan seperti PKKPR yang harus ditempuh. Yang memiliki domain penerbitan pertsetujuan PKKPR adalah di DPMPTSP, namun hingga saat ini pelayanan dalam bidang penerbitan persetujuan PKKPR masih belum optimal dan tidak ada SOP yang jelas dan berkepastian. Sehingga pemohon sering diacuhkan oleh pemberi layanan (DPMPTSP) padahal sudah jelas tupoksi nya.
Tanggapan

Suheri

  • Dengan Hormat, Berikut saya sampaikan bahwa lampu PJU di wates-robyong Desa wonomulyo padam, Alamat kabel penerangan jalan yg putus : Jalan Raya Robyong, desa wonomulyo, kec.poncokusumo, kabupaten malang, jawa timur, titik lokasi di tepi jalan persawahan arah ke robyong dari wates, setelah perkampungan wates, sebelah utaranya jalan, Mohon untuk segera diperbaiki
Tanggapan

Umar said wibisono

  • Yth bapak/ibu yg Sudi memberikan bantuan pekerjaan yg bisa mencukupi kebutuhan keluarga dg anak 3 Lulusan Smk usia 38th Mau kerja apa saja asal hallal Sopir bisa tapintak punya sim
Tanggapan

bothkorea

  • Bagaimana kelanjutan DESA DIGITAL di wilayah kabupaten malang mengapa tidak semua desa, tanggung banget kinerjanya mengingat anggaran diskominfo yang sangat besar
Tanggapan

habibbahar

  • Dinas Kominfo apa tidak ada program internet gratis untuk warga di fasilitas umum
Tanggapan

Maun Ferdian

  • 1) Jalan KH. Malik di kedungkandang hingga tumpang jalannya rusak dan tak ada penerangan jalan padahal jalan tersebut merupakan trabasan menuju pasar tumpang. Jadi mohon diaspal total jalan tersebut dan beri penerangan jalan. 2) Jalan mulai pertigaan SD Negeri Kidal hingga pertigaan tugu pahlawan tumpang itu sempit dan rusak sekali. Mohon di aspal total sekalian juga diperlebar. 3) Jalan mulai tugu pahlawan tumpang tadi hingga Pasar Jeru tumpang itu juga udah jelek dan mohon di aspal total juga. Sekian terimakasih.
Tanggapan

Maun Ferdian

  • Ini kemaren saya habis dari pantai selatan di Malang. Nah saya kaget kok biaymasuknya mahal banget bayangin satu orang pake sepeda motor tiket masuk 30ribu kan gak logis dan saya lihat di tiketnya parkir sepeda motor 15ribu lah? padahal ini wisata alam dan bukan kayak wisata sekelas jatimpark, resort, atau resto bintang 5 kalau wisata itu saya masih bisa maklumi. Tapi ini wisata alam bayarnya segitu mahalnya. Saya tau dampak pandemi pengunjung jadi sedikit tapi ya gak gitu juga dong naikin harga tiketnya jadi gk ngotak. Ya gini ini yg buat pengunjung jadi males balik soalnya perbandingan harga tiket sama pemandangan alam yg disuguhin itu njomplang gak seimbang ditambah lagi pantainya itu gk ada niat buat dikembangin fasilitasnya kek, kondisi jalan kek, apalah. ya dibiarin gitu aja. Kejadian ini saya alami di pantai balekambang, watu leter, wonogoro dan mungkin di pantai lain juga kayak gini. Ini sangat mengecewakan sekali, ini saya niatnya healing malah dapet dompet kering. maksimal satu orang di setiap pantai 20ribuan lah itu udh maksimal lah ini 30ribu. Parkir sepeda motor 15ribu kan gk logis bgt ya. kapotalismenya terasa sekali. Jadi tolong dinas terkait turunkan harga tiket masuk wisata alam pantai malang selatan. Jangan jadi mata duitan sehingga dijadikan kesempatan mengorek untung besar besaran tanpa memperhatikan pengembangan wisata tersebut. TERIMAKASIH BANYAK.

xeyudhaunik@gmail.com

  • Bagaimana caranya warga ingin menggunakan SARPRAS Olahraga di Stadion Kanjuruhan
Tanggapan

xeyudhaunik@gmail.com

  • APAKAH ADA PROGRAM UNTUK BANTUAN INTERNET di tingkat RT/RW
Tanggapan

Maun Ferdian

  • Sebenarnya ini keluhan saya karena dari dulu karena setiap kali saya berwisata, banyak kali saya dapati tidak ada palang penunjuk arah menuju wisata tersebut. Sebut saja beberapa pantai dan airterjun di kabupaten malang dan wisata lain. Memang dari jalan utama ada palangnya tapi setelah dari jalan utama tidak ada palang penunjuk arah, hal ini tentu sangat mengecewakan. Pake googlemaps itu rawan disesatkan, sama halnya kalau ngambil jalan pakai feeling juga rawan tersesat, terus kalau tanya penduduk sekitar iya kalo ada penduduk kalau gak ada bagaimana? repot juga kalau harus tanya sana sini kan kesel juga kitanya. Memang ada beberapa wisata yang sudah terpampang di palang penunjuk arah wisata tersebut tapi wisata lain tidak ikut dipampangkan, kan wisata lain juga punya potensi. Kalau semua wisata di pampangkan di palang penunjuk arah kan orang orang jadi tau kalau ada wisata disitu, dengan begitu ekonomi dan daya tarik tempat tersebut akan jadi bagus. Jadi tolong pampangkan semua wisata di kabupaten malang di papan penunjuk arah secepatnya terimakasih.
Tanggapan

Maun Ferdian

  • Jalan utama yang menghubungkan turen - sumbermanjing kulon kondisi sangat tidak layak. Hal ini sangat mengecewakan mengingat jalan ini merupakan salah satu jalan menuju Pantai di Malang Selatan. Dengan begini jalan ke Pantai Malang Selatan via gondanglegi maupun via turen semuanya rusak parah. juga gitu gaada penerangan. Begini ini kan bisa membuat kecelakaan. Ini sangat sangat mengecewakan. Mohon segera diaspal baru total dua jalan tersebut. Berikut saya lampirkan foto kondisi rusaknya jalan yang via turen, foto ini hanya sebagian kecil kerusakan saja sebenarnya ada banyak sekali kerusakan di sepanjang petak turen-sumawe ini dan ada banyak juga kerusakan yang lebih parah dari yg saya foto tapi saya tidak sempat memfotonya. Mungkin ini menjadi alasan kenapa akhir akhir ini pantai jadi menurun pengunjungnya karena pengunjung malas kalau jalannya super jelek begini kualitasnya. Jadi sekali lagi mohon secepatnya diaspal total dan diberi penerangan kedua ruas jalan tersebut Terimakasih banyak.
Tanggapan

HasanF

  • Pohon di pinggir jalan raya Bunutwetan depan Kantor Desa Bunutwetan rawan tumbang. Dahan sudah ada yg patah dan tersangkut di kabel telepon + listrik mengganggu pengendara yg lewat. Mohon ditindak lanjuti. Terima kasih
Tanggapan

HasanF

  • Lokasi Jl. Raya Bunutwetan (depan kantor desa Bunutwetan) Mohon segera ditindaklanjuti Dahan pohon sdh patah tp tersangga oleh kabel telepon & listrik. Mohon segera ada tindakan, karena khawatir dpt mengalirkan arus listrik.
Tanggapan

Maun Ferdian

  • Jalan menuju pantai selatan via gondang legi dan bantur ini tolonglah dinas yang bertanggung jawab untuk segera memperbaiki, ini jalannya kondisi rusak parah banget, sama sekali tidak mencerminkan infrastruktur untuk wisata yang bahkan terkenal secara nasional. ini saja pas cerah udah rusak, gimana pas baru hujan? malah tambah parah. tolonglah ini banyak masyarakat juga sudah mengeluhkan kondisi jalan inu yang gak kunjung dibenahi. Terimakasih tolong sekali agar secepatnya diaspal baru SECARA TOTAL buat jalan yang rusak itu, jangan hanya lubang lubangnya aja yang diaspal kalo gitumah sama aja, jalannya gak mulus malah tambah geronjal geronjal. tolong dinas yang terkait biar wisata malang juga makin maju.
Tanggapan

Maun Ferdian

  • Jalan dari PG krebet hingga Pertigaan masjid jami gondanglegi kemaren saya lewat sana jalannya rusak parah. Ada yang sudah mulus dan sepertinya memang baru di aspal, tapi gak terlalu panjang sisanya masih banyak yang berlubang dan ini bisa membahayakan karena jalan krebet-gondanglegi ini juga termasuk jalan besar yang ramai dan merupakan jalur utama ke pantai di Malang Selatan. Mohon segera dibenahi agar perjalanan semakin nyaman. Dan saya sangat menyarankan untuk mengaspal baru secara total aja sekalian jangan hanya berapa lubangnya saja karena itu sama aja nanti jalannya bakal tetep bergelombang gak mulus. Terimakasih banyak.....mohon secepat mungkin dibenahi
Tanggapan

sugiono

  • nik:3507056601990005 nama:RINAWATI tempat/tgl lahir:MALANG 26-01-1999 jenis kelamin:PEREMPUAN alamat:JL.MATARAM KE JENGGLONG rt/rw:001/004 KE 20/07 kel/desa:DAMPIT KE SUKODADI kec:DAMPIT KE WAGIR Agama:ISLAM KE HINDU status perkawinan:BELUM KAWIN KE KAWIN pekerja'an:SWASTA kewarganegara'an:WNI
Tanggapan
Pemerintah Kabupaten MalangWISATAFollow On

Info Harga Sayur Mayur
Update : 2024-06-12 07:02:11

# Nama Sayur Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp) Satuan
1 Brokoli 10.000 6.000 /Kg
2 Andewi 1.000 4.000 /Kg
3 Bawang Prei Segon 7.500 7.500 /Kg
4 Bawang Prei Layur 7.500 7.000 /Kg
5 Bunga Kol 4.000 4.500 /Kg
6 Buncis 6.000 4.500 /Kg
7 Buncis Merah 8.000 8.000 /Kg
8 Kapri TW 7.000 7.000 /Kg
9 Kapri Jawa 7.000 6.000 /Kg
10 Kentang Pujon 10.000 10.000 /Kg
11 Kentang Probolinggo 16.000 16.000 /Kg
12 Kol / Kubis 2.500 2.500 /Kg
13 Sawi Putih 1.600 1.500 /Kg
14 Sawi Daging 2.000 2.000 /Kg
15 Seledri 4.000 3.500 /Kg
16 Tomat Sayur 2.000 2.000 /Kg
17 Tomat Buah 3.000 3.500 /Kg
18 Wortel 7.000 8.000 /Kg
19 Cabe Besar 30.000 22.000 /Kg
20 Cabe Rawit 16.000 16.000 /Kg
21 Cabe Keriting 40.000 21.000 /Kg
22 Bawang Merah Bali 16.000 16.000 /Kg
23 Jahe Kebo Lokal 10.000 12.000 /Kg
24 Bawang Putih Imp 0 0 /Kg
25 Terong 3.000 2.000 /Kg
26 Labu Siem 1.700 1.700 /Kg
27 Ketimun Jawa 4.000 4.000 /Kg
28 Buah Bitt / Lobak Merah 0 0 /Kg
29 Kentang Batu 14.000 14.000 /Kg
30 Kol / Kubis Luar Malang 3.200 3.200 /Kg
31 Selada Air / Unting 1.000 1.000 /Kg
32 Wortel Manis Berastagi (Plastik) 10.500 11.000 /Kg
33 Wortel Berastagi (Kardus) 12.500 13.000 /Kg
34 Cabe Rawit Hijau 15.000 13.000 /Kg
35 Bawang Merah Bali Import (China) 17.000 15.000 /Kg
36 Bawang Merah Pilipin 22.000 17.000 /Kg
37 Bawang Bombay Besar 18.000 19.000 /Kg
38 Bawang Bombay Kecil 19.000 18.000 /Kg
39 Manisa / Labusiem Hijau 2.000 2.000 /Kg
40 Ketimun Kiori 7.000 7.000 /Kg
41 Lobak 5.000 5.000 /Kg
42 Jamur Tiram 13.000 13.000 /Kg
43 Jahe Merah 6.000 6.000 /Kg
44 Jahe Emprit 6.000 8.000 /Kg
45 Kucai 5.000 5.000 /Kg
46 Kunyit 2.500 2.500 /Kg
47 Laos 3.500 3.500 /Kg
48 Temulawak 3.500 3.500 /Kg
49 Litus 2.500 2.500 /Kg

Info Harga Kebutuhan Pokok
Update : 2024-06-13 00:00:00 Selengkapnya >>

# Nama Pangan Harga Lama(Rp) # Koreksi (Rp) Harga Baru (Rp)
1 Beras IR. 64 12.000 0 12.000
2 Minyak Goreng Curah 17.000 0 17.000
3 Daging Sapi 118.000 0 118.000
4 Daging Ayam Potong 30.000 1.000 31.000
5 Telur Ayam Broiler 26.000 0 26.000
6 Garam Yodium Batah 4.000 0 4.000
7 Cabe Merah Besar 40.000 8.000 48.000
8 Kacang Tanah 27.000 0 27.000
9 Gula Pasir 16.000 0 16.000




Sistem Informasi