Gerakan Tanam Padi Bersama Plt. Bupati Malang, Petani Tangguh Malang Makmur

PAKISAJI - Plt. Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH., MH., hadiri Gerakan Tanam Padi bersama Petani Tangguh Malang Makmur, di Lahan Sawah Poktan Margo Rukun III, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Rabu (23/10) pagi. Hadir pada kesempatan yang sama Dandim 0818 Malang-Batu, Anggota DPRD Kabupaten Malang, Jajaran Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Kepala Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Jeruk dan Buah sub-Tropika, Camat dan Muspika Pakisaji, Kepala Desa Karangduren serta Para Petani Tangguh.

Gerakan Tanam Padi merupakan kegiatan rutin yang di laksanakan oleh para petani di seluruh Kecamatan Pakisaji. Gerakan ini juga merupakan program Pemerintah yakni tersedianya bahan pangan dalam rangka mendukung ketahanan pangan, secara khusus makan siang gratis. Oleh karena itu, Gerakan Tanam Padi yang kita lakukan hari ini diharapkan menjadi langkah nyata untuk meningkatkan produktivitas dan memastikan ketahanan pangan di daerah kita tetap terjaga.

"Dengan adanya gerakan ini, saya mengajak seluruh petani, Perangkat Daerah terkait, serta seluruh kalangan masyarakat untuk bekerja bersama-sama. Bukan hanya sekedar menanam, tetapi juga memastikan bahwa kita menerapkan teknologi pertanian yang modern, pupuk yang tepat, serta menjaga kualitas benih yang kita tanam", ungkap Plt. Bupati Malang.

Dengan demikian, hasil panen kita akan terus meningkat dan kesejahteraan para petani pun ikut terangkat. Di sisi lain, kita juga memahami bahwa untuk mencapai peningkatan produksi padi, upaya yang kita lakukan adalah meningkatkan efisiensi pengelolaan lahan, mengoptimalkan penggunaan air, serta memaksimalkan hasil panen. Jadi, melalui Gerakan Tanam ini, kita tunjukkan komitmen bersama bahwa Kabupaten Malang siap untuk berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

"Harapan saya, Gerakan Tanam hari ini tidak hanya berhenti pada simbolis penanaman hari ini saja, namun juga harus menjadi semangat yang terus berlanjut, semangat yang menyala di seluruh penjuru Kabupaten Malang," tuturnya.

Setelah penanaman padi dan acara seremonial, para petani tangguh dan peserta kegiatan menerima bimbingan teknis terkait metode penanaman serta penjelasan singkat mengenai kondisi tanah di Desa Karangduren. Plt. Bupati Malang berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi kita semua untuk bekerja lebih baik dalam menjaga ketersediaan pangan. Peningkatan produksi dan produktivitas pertanian sangat penting untuk mendukung target swasembada pangan, terutama dalam menghadapi perubahan iklim yang dapat mempengaruhi ketahanan pangan. (prokopim/day)

Share this Post: