Wakil Bupati Malang Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kabupaten Malang Pada Pemilihan Umum Tahun 2024

KEPANJEN -  Wakil Bupati Malang Drs.H.Didik Gatot Subroto,SH.,M.H menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati pada Kabupaten Malang Tahun 2024. Bertempat di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Malang pada Kamis (16/5) pagi. Turut hadir Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur, Ketua KPU Kabupaten Malang, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, serta Para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Malang. 

Adapun Anggota PPK yang dilantik sebanyak 165 orang dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.  Pelantikan ini dilaksanakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang sebagai Pejabat Pengambil Sumpah.

Wakil Bupati Malang yang mewakili Bupati Malang pada kesempatan ini dalam arahannya berpesan kepada seluruh anggota PPK yang telah dilantik agar dapat membantu kinerja KPU dan turut menjaga kedamaian dan ketertiban dalam pesta demokrasi Pemilu serentak tahun 2024.

“Pada kesempatan yang baik ini perlu kami ingatkan terutama anggota PPK sebagai motor diwilayah kecamatan agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,  harus bekerja secara profesional, mempunyai integritas, jujur, adil, dan senantiasa menjaga netralitas. Selain itu tugas PPK juga harus bisa menjaga ketertiban, kenyamanan dan kedamaian dalam pesta demokrasi,” ujar Wakil Bupati Malang.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pemilihan umum merupakan pilar utama dalam sistem demokrasi yang kita anut. Melalui pemilihan yang bersih dan berkualitas, kita semua sebagai bagian dari masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dan hak politik secara bebas dan adil. Oleh karena itu, peran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sangatlah vital dalam menjaga integritas dan kredibilitas proses pemilihan itu sendiri.

"Maka dari itu, saya ingin menekankan pada anggota PPK yang telah dilantik bahwa amanah ini bukanlah sekadar tugas rutin. Melainkan adalah sebuah kepercayaan besar yang diberikan masyarakat kepada Saudara sekalian. Saya yakin, dengan komitmen, integritas dan profesionalisme yang tinggi, Sudara mampu menjalankan tugas ini dengan baik dan memberikan kontribusi yang nyata bagi keberhasilan pelaksanaan pemilihan umum di Kabupaten Malang ke depannya," tegas Wakil Bupati Malang.

Wakil Bupati Malang berpesan agar semua anggota yang telah dilantik sebagai PPK nantinya dapat benar-benar menjaga dan tidak mencederai amanah mulia yang telah diberikan. "Jangan lukai kebanggaan terhadap demokrasi di wilayah Kabupaten Malang dan laksanakan semua amanat tugas PPK dengan sebaik-baiknya," harap Wakil Bupati Malang.

Di sisi lain, Wabup Didik juga menekankan pentingnya menjaga netralitas dan independensi selama proses pemilihan berlangsung. Pegang teguh komitmen untuk menghindari segala bentuk intervensi atau tekanan yang dapat mengganggu integritas dan objektivitas Saudara sebagai penyelenggara. Sebab hanya dengan menjaga independensi dan netralitas, kita dapat memastikan bahwa setiap suara yang diberikan masyarakat akan dihargai dan dihitung secara adil.(prokopim/dhe)

Share this Post: