Wabup Malang Bersama Imam Utomo dan Jajuk Rendra Resmikan Markas PMI Kabupaten Malang

PAKISAJI - Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH.MH hadir memenuhi undangan pada Upacara Peringatan ke-161 Hari Palang Merah Sedunia Tahun 2024, bertempat di halaman parkir Markas PMI Kabupaten Malang, Jalan Raya Kebonagung 123, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Rabu (8/5) pagi. Seusai upacara, Wabup Malang berkesempatan meresmikan pembangunan markas PMI Kabupaten Malang bersama-sama Ketua PMI Provinsi Jawa Timur Mayjen TNI (Purn) H. Imam Utomo Soeparno dan Ketua PMI Kabupaten Malang Hj. Jajuk Rendra Kresna, SE.MM yang ditandai dengan pengguntingan untaian bunga dari depan pintu masuk gedung. Tak ketinggalan, Wabup yang hadir mewakili Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M juga menjadi saksi Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Masa Bakti Tahun 2024-2029 di Aula Markas yang baru saja selesai direnovasi tersebut. Rangkaian acara yang berlanjut hingga siang hari ini dipungkasi dengan acara Halal Bi Halal Keluarga Besar PMI Kabupaten Malang 1445 H/2024 M.

''Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kesempatan dan limpahan rahmat-Nya kepada kita semua untuk berkumpul pada kegiatan bersejarah, yakni Peringatan Hari Palang Merah Sedunia ke-161 Tahun 2024, Peresmian Pembangunan Markas, Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Masa Bakti Tahun 2024-2029 dan Halal Bihalal Keluarga Besar PMI Kabupaten Malang 1445 H /2024 Masehi dalam keadaan sehat wal’afiat dan penuh semangat. Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Malang, izinkan saya menyampaikan Taqabbalallahu Minna Waa Minkum Taqabbal Yaa Karim, Shiyamana waa Shiyamakum, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada segenap keluarga besar Palang Merah Indonesia Kabupaten Malang dan seluruh undangan yang hadir pada kesempatan ini. Mudah-mudahan amal ibadah kita sepanjang Bulan Suci Ramadhan lalu diterima oleh Allah SWT, dan kita semua senantiasa mendapat keberkahan agar menjadi hambanya yang bermanfaat bagi sesama," jelas Wabup Malang mengawali sambutan.

Beliau lantas menegaskan, bahwa Peringatan Hari Palang Merah Sedunia pada hari ini bukan sekadar kegiatan seremonial, melainkan juga momentum untuk merenungkan nilai-nilai kemanusiaan yang dijunjung tinggi oleh Palang Merah Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1869 lalu oleh Bapak Palang Merah Dunia, Jean Henry Dunant, Palang Merah telah menjadi lambang kemanusiaan, kepedulian dan kesetiakawanan yang tak ternilai harganya. Begitupun dalam perjalanan sejarahnya di Indonesia, PMI telah menorehkan berbagai prestasi dalam upaya membantu sesama yang membutuhkan, baik dalam situasi konflik, kebencanaan, juga berbagai peristiwa kegawatdaruratan lainnya. Oleh karena itu, kata Wabup Malang, dalam rangka memperkuat komitmen terhadap kemanusiaan, pada hari ini juga telah menyaksikan peresmian pembangunan markas baru PMI Kabupaten Malang. Keberadaan markas yang baru ini ke depan akan menjadi pusat operasional bagi para relawan PMI dalam memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang. Di antaranya seperti kesehatan, penanganan bencana, hingga pendidikan.

''Mudah-mudahan, keberadaan markas baru ini dapat menjadi tempat yang nyaman dan fungsional bagi seluruh relawan PMI, serta menjadi pusat koordinasi yang efektif dalam menjalankan misi kemanusiaan. Selain itu, hari ini juga menjadi momen berharga dengan dilantiknya Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Malang untuk masa bakti 2024-2029. Oleh karena itu, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh anggota yang telah dilantik. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten optimis bahwa kepemimpinan dan kepengurusan yang baru ini akan mampu membawa PMI Kabupaten Malang ke tingkat yang lebih tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Kegiatan yang dirangkai dengan halal bihalal ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi yang sangat berharga, karena kita dapat saling bertemu, berbagi pengalaman dan memperkuat tali persaudaraan di lingkungan internal Palang Merah Indonesia," harap Wabup Malang.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, Wabup Malang mengajak seluruh hadirin agar terus mendukung dan menjadi bagian dari gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia selama ini. Caranya, bersama-sama Pemerintah Kabupaten Malang, mari bersatu dan bergerak untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik, lebih sehat dan lebih berdaya. ''Salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Malang dengan siap sejalan dengan rencana PMI Kabupaten Malang untuk membangun ruangan khusus bagi para relawan PMI yang letaknya dibagian belakang gedung dari Markas PMI Kabupaten Malang ini," tambah Wabup Malang. (prokopim/poy)

Share this Post: