Sekartaji 2024, Wakil Bupati Malang Terima Penghargaan TPID Terbaik Wilayah Malang Raya

MALANG - Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH., MH., terima Penghargaan TPID Terbaik Malang Raya pada acara  "Sekartaji" (sinergi menuju ekonomi yang kreatif, tangguh, teruji, dan terdigitalisasi) 2024 yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malang di Ballroom Hotel Grand Mercure, Selasa (30/4) pagi. Hadir pada kesempatan yang sama Pj. Gubernur Jawa Timur yang di wakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Pj. Wali Kota Malang, Pj. Wali kota Probolinggo, Wakil Wali Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Malang Raya, Istansi Vertikal serta Pimpinan Perbankan Malang Raya. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malang, dalam rangka melakukan diseminasi asesmen mengenai perekembangan makroekonomi tahun 2023 dan prospek tahun 2024 khususnya di wilayah kerja BI Malang sebagai wujud pelaksanaan fungsi advisory kepada stakeholder utama, membangun sinergi yang berkesinambungan dengan stakeholder serta sebagai sarana sharing knowlage yang dikemas dalam bentuk expertise insight. Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Jawa timur M. Noor Nugroho mengatakan peningkatan perekonomian menjadi salah satu tantangan terbesar, Apalagi terkait inflasi yang kini menjadi tantangan global khususnya Indonesia. Masalah seperti pasokan kebutuhan pokok harus menjadi perhatian setiap Pemerintah Daerah (Pemda). 

Di sela-sela kegiatan ini, Bank Indonesia wilayah Malang juga menyerahkan beberapa penghargaan salah satunya Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Terbaik Wilayah Malang Raya, Probolinggo dan Pasuruan, diraih oleh Kabupaten Malang yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH., MH. Sekartaji BI tidak hanya Malang Raya yang mendapat penghargaan, tapi juga kota dan Kabupaten Pasuruan serta Probolinggo.

Predikat tersebut disematkan oleh Bank Indonesia wilayah Malang dikarenakan TPID Kabupaten Malang terus bersinergi bersama TPID Provinsi Jawa Timur dalam melaksanakan strategi inflasi 4K yang meliputi Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif. Juga sebagai upaya capacity building bagi TPID Kabupaten Malang melalui pendalaman tugas, fungsi bahkan penguatan kelembagaan TPID Kabupaten Malang sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Bupati Malang tentang Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Malang.

"Predikat ini harus dipertahankan agar ke depannya pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Malang semakin stabil", tutur Wakil Bupati Malang. (Prokopim/Day)

Share this Post: