Hardiknas 2024, Wabup Malang Apresiasi Seluruh Guru Tingkatkan Indeks Prestasi Pendidikan

MALANG - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH., MH., berkomitmen apresiasi seluruh guru tingkatkan indeks prestasi pendidikan. Hal tersebut disampaikan saat pelaksanaan Upacara Hardiknas 2024 di Halaman Pendopo Kabupaten Malang, Kamis (2/5) pagi. Hadir pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Malang beserta Anggota Komisi 3 dan 4 DPRD Kabupaten Malang, Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang beserta Jajaran Kepala OPD Kabupaten Malang, Wakil I TP PKK Kabupaten Malang dan Pj. Ketua DWP Kabupaten Malang, Ketua PGRI Kabupaten Malang, Civitas Akademika, Camat se-Kabupaten Malang, Organisasi Pemerhati Pendidikan di Kabupaten Malang serta Pendidik dan Tenaga Pendidikan Kabupaten Malang.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 ini mengambil tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar". Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

Pada sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dibacakan oleh Wakil Bupati Malang menjelaskan bahwa kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.

"Saya menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini, Hari ini, kita tidak hanya merayakan prestasi dan perjuangan para pendidik, tetapi juga mengingatkan kembali akan pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa", kata Wakil Bupati Malang.

Pendidikan adalah pondasi utama dalam membangun masa depan yang lebih baik Melalui pendidikan, generasi muda kita dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan. Dalam merayakan Hari Pendidikan Nasional ini, kita juga harus mengintrospeksi diri. Masih banyak tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan kita. Masih ada kesenjangan akses pendidikan diwilayah kita, masih ada anak-anak yang terpinggirkan dari layanan pendidikan, peningkatan kesejahteraan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dan masih banyak lagi permasalahan yang membutuhkan perhatian kita bersama.

"Hari ini merupakan Upacara Hari Pendidikan yang terakhir bagi kami berdua. selama 3,5 tahun memimpin Kabupaten Malang mendampingi Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM., banyak lika-liku perjuangan dalam menjalankan roda pemerintahan. Terkhusus dalan meningkatkan Indeks Prestasi Pendidikan Kabupaten Malang", tuturnya.

Wakil Bupati Malang juga mengucapkan selamat, utamanya kepada seluruh guru yang ada di Kabupaten Malang dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Di mana saat saya bersama Bupati Malang dilantik, Indeks Prestasi Pendidikan di angka 3,8, tapi hari ini mencapai 8,5 lebih.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Malang H. Didik Gatot Subroto juga memberikan penghargaan-penghargaan kepada insan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Malang dan menyerahkan penghargaan kepada SD dan SMP di Kabupaten Malang atas prestasinya di tingkat regional, nasional dan internasional. Di antaranya juara The Grand Award ICIA 2023 Digital International Challence tingkat International yang diraih oleh SMPN 4 Kepanjen, Gold Award ICIA 2023 Innovation Award diraih oleh SMPN 1 Karangploso serta The Silver Award ICIA 2023 Digital Innovation Challenge diraih oleh SMPN 4 Kepanjen. (Prokopim/Day)

Share this Post: