Bupati Malang Sambut Kedatangan tim juri Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur

PUJON - Desa Ngabab Kecamatan Pujon masuk dalam tahap penilaian lapang Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur. Dalam rangakaian penilaian lomba, tim juri dari Provinsi berkunjung langsung ke Desa Ngabab untuk melakukan penilaian dan disambut oleh Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M, Rabu (8/5) siang. 

Turut hadir PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr Nurman Ramdansyah, S.H., Mhum, Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Ny. Hj. Anis Zaidah Sanusi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Malang, Jajaran kepala OPD Kabupaten Malang, Forkopimcam dan Kepala Desa se-Kecamatan Pujon serta Jajaran tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Ngabab

Mengawali sambutannya, Bupati Malang menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, dimana menjadi suatu kehormatan bagi masyarakat Desa Ngabab yang pada tahun ini mewakili Kabupaten Malang dan berhasil masuk nominasi 5 (lima) besar pada Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. 

“semoga Penilaian/Klarifikasi Lapang Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 di Desa Ngabab Kecamatan Pujon ini nantinya dapat berjalan dengan lancar, dan mudah-mudahan kehadiran Tim Penilai disini dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat Desa Ngabab Kecamatan Pujon,” tutur Bupati Malang. 

Menurut Bupati Malang, gotong royong merupakan salah satu warisan leluhur yang sangat tinggi nilainya, dan telah mengakar di kehidupan masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Malang akan terus berupaya melestarikan nilai-nilai gotong royong yang sangat identik dengan karakteristik masyarakat desa serta berkomitmen untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan desa sebagai prioritas, dengan mengedepankan kegotong-royongan masyarakat sebagai basis utama yang dimaksimalkan.

Disamping itu, Desa Ngabab Kecamatan Pujon menjadi desa yang berhasil memenuhi indikator penilaian lomba yang telah ditentukan, yakni Indikator Kemasyarakatan, Indikator Ekonomi, Indikator Sosial Budaya dan Indikator Kesehatan dan Lingkungan. Desa Ngabab juga tercermin dari beberapa aspek seperti adanya Kampung Batik, Pos Pelayanan Terpadu Jiwa, Peternakan Komunal, dan Posyandu Integrasi Layanan Primer, serta berbagai program pembangunan desa lainnya.

“Kami berharap dengan adanya Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, seluruh komponen masyarakat dari semua unsur yang ada di desa nantinya juga semakin sadar, tergugah dan bersemangat untuk terus bergotong-royong membangun desa, guna mewujudkan kemajuan sekaligus kemandirian desa, sehingga kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dapat tercapai,” harap Bupati Malang. 

Pada kesempatan yang sama kepala dinas pemberdayaan masyarat dan desa provinsi jawa timur selaku Ketua Dewan Juri penilaian lomba pelaksanaan gotong royong terbaik provinsi jawa timur, Ir. Budi Sarwoto,MM menyampaikan tujuan untuk mengevaluasi sejauh mana upaya Pemerintah Daerah beserta jajaran dalam meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan fasilitasi melalui semangat gotong royong untuk memajukan wilayahnya dan untuk memberikan apresiasi terhadap desa yang berhasil membudidayakan semangat gotong royong dalam pembangunan wilayahnya. (Prokopim/gis) 

Share this Post: