Bupati Malang Launching Batik Pelajar Garudeya SMP Swasta Kabupaten Malang

KEPANJEN – Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM, me-Launching batik pelajar Garudeya SMP Swasta serta Halal Bi Halal Keluarga Besar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Smp Swasta Kabupaten Malang, bertempat di Bojana Puri Kepanjen, Senin (29/4) siang. Hadir pada kesempatan yang sama Ketua Dekranasda Kabupaten Malang Ibu Hj. Anis Zaidah Sanusi, Ketua MKKS SMP Swasta Kabupaten Malang Bapak Manan Supriadi, S.Pd., M.Pd.I., Beserta Keluarga Besar MKKS SMP Swasta Kabupaten Malang, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang beserta Jajaran Serta Camat Dan Forkopimcam Kepanjen.

Pada kesempatan ini Bupati Malang mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita jadikan Idul Fitri sebagai momen untuk saling memohon dan memberikan maaf, serta mempererat tali silaturahmi di antara kita sekalian.

“Saya atas nama pribadi, keluarga, dan Pemerintah Kabupaten Malang menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi pada kegiatan hari ini. Semoga momen Idul Fitri ini menghantarkan kita pada optimisme baru dalam membangun Kabupaten Malang yang semakin Maju, Agamis, Kreatif, Mandiri, Unggul, dan Responsif”, Kata Bupati Malang.

Bidang pendidikan, selalu dituntut untuk terus berinovasi untuk mengikuti arah perkembangan zaman. Seperti halnya di era saat ini, di mana pendidikan mulai berpusat pada penerapan teknologi, dengan manusia sebagai komponen utamanya. Dari tuntutan tersebut, diharapkan siswa dapat mengembangkan sumber dayanya dan juga mampu menggunakan teknologi sebagai tempat bersosialisasi guna memperoleh dan menyampaikan informasi, serta mengembangkan ide kreatif yang dimilikinya.

Sejalan dengan tujuan Indonesia untuk menciptakan generasi emas di tahun 2045, lembaga pendidikan memiliki peran dan mengambil bagian penting dari pilar “Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”. “Saya berharap agar MKKS SMPS Kabupaten Malang ini dapat menjadi wadah komunikasi dan koordinasi strategis bagi Bapak dan Ibu sekalian untuk saling bertukar pikiran, ide, dan gagasan, utamanya dalam melakukan transformasi, baik dari segi sumber daya manusia, fasilitas sekolah, hingga materi pembelajaran yang digunakan”, tuturnya.

Pada kesempatan ini pula, Bupati Malang didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Malang akan bersama-sama melaksanakan launching batik pelajar Garudeya yang ditandai dengan pemukulan gong. Tentunya hal ini menjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi kita bersama, sebab kini semangat “Garudeya” dapat turut menyertai para pelajar Kabupaten Malang sebagai generasi penerus bangsa. kreasi motif batik khas Kabupaten Malang ini dilatarbelakangi dan terinspirasi oleh kebesaran Kerajaan Singhasari serta relief Garudeya yang menghiasi Candi Kidal. Batik ini juga mengajarkan para siswa agar berpartisipasi aktif dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya Kabupaten Malang, mudah-mudahan para pelajar yang mengenakan batik Garudeya ini nantinya dapat turut meneladani karakter dan sosok Garudeya yang berwibawa, tangguh, dan perkasa. (Prokopim/Day)

Share this Post: