Bupati Malang Buka Sosialisasi Dan Pelayanan KB Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia

MALANG - Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M membuka acara Sosialisasi dan Pelayanan KB bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (25/7) pagi. Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Bupati Malang, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Dra. Maria Ernawati, M.M yang didampingi Aniswaty Aziz, SE.MSi (Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) dan Yoyok Wardoyo (Kepala Dinas Tenaga Kerja) beserta para tamu undangan yang telah berkenan hadir untuk memberikan pendampingan dan penguatan pada kegiatan ini. Tak ketinggalan, Beliau juga mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam mendukung terselenggaranya kegiatan pada hari ini. Kegiatan yang diikuti oleh para manajemen dari BLK dan kurang lebih 400 orang CPMI se Kabupaten Malang ini juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1264 Kabupaten Malang.

''Semoga kegiatan ini dapat menjadi pendorong semangat bagi kita semua dalam mendukung program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana, Red) secara gotong royong di masyarakat, dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Kita patut bersyukur bahwa pada era sekarang ini kesertaan masyarakat terhadap pelayanan KB sudah terlihat sangat tinggi dalam upaya mengatur jarak kehamilan dan kelahiran serta mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Tidak kalah penting, pelayanan KB juga turut menunjang upaya kita dalam memperbaiki angka kasus stunting, dibarengi dengan berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan lainnya," harap Bupati Malang dalam sambutannya.

Ditegaskan Bupati Malang, bentuk kemajuan suatu negara salah satunya juga ditunjukkan dengan semakin luasnya lapangan kerja. Dalam hal ini, lapangan kerja yang baik ialah yang dapat memberikan kesejahteraan yang memadai kepada para pekerja, salah satu bentuknya yakni terjaminnya hak-hak pekerja. Sebab, kesehatan merupakan modal utama agar pekerja dapat lebih produktif, dan salah satu jenis fasilitas kesejahteraan pada segi kesehatan bagi pekerja adalah pelayanan KB. Selanjutnya, keberhasilan program KB ini tentunya memerlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan kolaborasi dengan lembaga kemasyarakatan, mitra kerja potensial, dan berbagai sektor termasuk pihak swasta, sebagai bentuk peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB serta kesehatan reproduksi di seluruh wilayah.

''Maka pada kesempatan yang baik ini, saya menyambut baik partisipasi aktif dari Bapak dan Ibu sekalian yang telah hadir pada kegiatan hari ini dalam rangka meningkatkan kesertaan ber-KB bagi para pekerja di perusahaan agar terwujud penyelenggaraan pelayanan KB yang optimal bagi para pekerja. Selain itu, diharapkan dengan adanya program ini para pekerja yang telah menjadi peserta KB akan lebih sejahtera, meningkat kualitas keluarganya, meningkat produktivitas kerjanya, sekaligus menjadi sarana untuk menurunkan angka kebutuhan KB yang belum terpenuhi (unmeet need). Terlebih, kualitas keluarga merupakan tujuan utama program Bangga Kencana dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan dalam mendukung program-program pemerintah," tambah Bupati Malang. (prokopim/poy)

Share this Post: