Bupati Malang Buka Forum Pemangku Kepentingan Tingkat Daerah Program Youth Entrepreneurship Support Services

MALANG - Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M membuka acara Forum Pemangku Kepentingan Tingkat Daerah Program Youth Entrepreneurship Support Services (YESS) di Kabupaten Malang Tahun 2024 di Ruang Rapat Anusapati, Rabu (5/6) sore. Kegiatan ini dihadiri Programme Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Timur, Direktur Polbangtan Malang, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, segenap unsur perbankan dan stakeholder sektor pertanian. Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Bupati Malang menyambut baik sekaligus menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi aktif, sehingga kegiatan “Forum Pemangku Kepentingan Tingkat Daerah Program Youth Entrepreneurship Support Services (YESS) di Kabupaten Malang Tahun 2024” dapat terselenggara dengan baik.

''Mudah-mudahan pertemuan ini dapat menjadi ruang komunikasi dan koordinasi strategis bagi kita guna menguatkan sinergi dan kolaborasi dalam mendukung suksesnya Program YESS di Kabupaten Malang tahun 2024. Sebagaimana kita pahami bersama, pada hakikatnya, pembangunan daerah adalah upaya terencana untuk meningkatkan kapasitas Pemerintahan Daerah sehingga tercipta suatu kemampuan yang handal dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mengelola sumber daya ekonomi daerah," jelas Bupati Malang dalam sambutannya.

Selain itu, lanjut Bupati Malang, pembangunan daerah juga menjadi upaya untuk memberdayakan masyarakat di seluruh daerah sehingga tercipta suatu lingkungan yang memungkinkan masyarakat untuk menikmati kualitas kehidupan yang lebih baik, maju, dan tenteram. Dalam hal ini, pembangunan daerah dilaksanakan melalui penguatan ekonomi daerah dan pengelolaan sumber daya yang mengarah pada terwujudnya tata pemerintahan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel melalui keseimbangan peran dari tiga pilar yaitu pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Di sisi lain, mengingat luasnya wilayah serta besarnya potensi sumber daya khususnya di bidang pertanian, Kabupaten Malang menjadi salah satu wilayah yang mempunyai kedudukan strategis sebagai daerah penyangga Ibukota Provinsi Jawa Timur.

''Berdasarkan data Kabupaten Malang Dalam Angka Tahun 2024, sektor pertanian merupakan salah satu dari tiga kategori dominan dalam menggerakkan perekonomian di Kabupaten Malang, yaitu 14,60% dari total PDRB Kabupaten Malang, dengan potensi sumber daya alam beraneka-ragam dan tersebar di seluruh kecamatan. Tentu kita sepakat bahwa Program YESS dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan yang tangguh dan berkualitas serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian," jelas Bupati Malang.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Malang melalui program dan kegiatan Perangkat Daerah dan kecamatan/desa, terus bersinergi untuk bersama-sama mengupayakan pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi milenial yang berdaya saing. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, PPIU Jawa Timur untuk memberikan pengarahan dan pendampingan, agar implementasi Program YESS di Kabupaten Malang senantiasa berjalan dengan optimal, sehingga mampu menghadirkan kesempatan yang lebih luas bagi generasi muda pedesaan untuk menjadi pengusaha tani dan menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

''Peran aktif dari pemangku kepentingan yang hadir pada kegiatan hari ini sangat diharapkan, utamanya dalam menjalin sinergi dan kesepakatan dalam pengembangan wirausaha dan ketenagakerjaan di sektor pertanian, khususnya bagi petani muda atau petani milenial di wilayah Kabupaten Malang," tambah Bupati Malang. (prokopim/poy)

Share this Post: