LAYANAN PAJAK - PAJAK REKLAME

PAJAK REKLAME

1.  Dasar Hukum

  • UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
  • PP No. 91 Tahun 2010 tentang Pembayaran Pajak yang ditetapkan oleh Bupati dan Pajak yang dibayar
    sendiri oleh Wajib Pajak.
  • Peraturan Daerah Kabupaten Malang No. 8 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah.

2.  Pengertian

  • Pajak Reklame adalah pungutan daerah atas penyelenggaraan Reklame.
  • Reklame adalah benda, alat atau perbuatan dan atau media yang menurut bentuk susunan dan corak ragamnya
    untuk memperkenalkan, menganjurkan atau memujikan suatu barang, jasa atau orang, ataupun untuk menarik
    perhatian umum kepada suatu barang, jasa atau orang yang ditempatkan atau yang dapat dilihat, dibaca dan atau
    disengar dari suatu tempat oleh umum kecuali yang dilakukan oleh Pemerintah.
  • Penyelenggara Reklame adalah perorangan atau badan yang menyelenggarakan reklame baik untuk dan atas
    namanya sendiri atau untuk dan atas nama pihak lain yang menjadi tanggungannya.
  • Nilai Jual Obyek Pajak Reklame adalah keseluruhan pembayaran/pengeluaran biaya-biaya yang dikeluarkan oleh pemilik dan atau penyelenggara reklame termasuk dalam hal ini adalah biaya/harga beli bahan reklame, konstruksi, instalasi listrik, pembayaran/ongkos perakitan, pemancaran, peragaan, penayangan, pengecatan pemasangan dan transportasi dan lain sebagainya sampai dengan bangunan reklame rampung, dipancarkan, diperagakan, ditayangkan dan atau terpasang ditempat yang telah diijinkan.
  • Nilai Strategis adalah ukuran nilai yang ditetapkan pada titik lokasi pemasangan reklame tersebut berdasarkan criteria kepadatan pemanfaatan tata ruang kota untuk berbagai aspek kegiatan dibidang usaha.
  •  

3.  Obyek Pajak

       Obyek Pajak adalah semua penyelenggaraan Reklame yang meliputi :

 

  • Reklame Papan/Billboard/Megatron.
  • Reklame Kain.
  • Reklame Melekat/Sticker.
  • Reklame Selebaran.
  • Reklame Berjalan termasuk pada kendaraan.
  • Reklame Udara.
  • Reklame Suara.
  • Reklame Film/Slide.
  • Reklame Peragaan.

Yang dikecualikan sebagai Obyek Pajak :

  1. Penyelenggaraan Reklame oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  2. Penyelenggaraan Reklame melalui Televisi, Radio, Warta Harian, Warta Mingguan, Warta Bulanan, dan sejenisnya.
  3. Penyelenggaraan Reklame bagi Badan Sosial atau untuk kepentingan umum disertai syarat-syarat yang dipandang perlu oleh Kepala Daerah.

 

4.  Subyek Pajak dan Wajib Pajak

       Subyek Pajak adalah orang pribadi dan atau Badan yang memesan Reklame.

       Wajib Pajak adalah orang pribadi dan atau Badan yang menyelenggarakan reklame.

 

5.   Dasar Pengenaan Pajak

        Dasar Pengenaan Pajak adalah Nilai Sewa Reklame.

        Nilai Sewa Reklame dihitung dengan menjumlahkan Nilai Strategis (NS) dan
        Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) Reklame.

 

6.   Tarip Pajak

        Tarip Pajak adalah 25% dari Nilai Sewa.

 

7.   Besarnya Pajak Terutang

        Besarnya pajak terutang dihitung dengan cara mengalikan tarip pajak dengan dasar pengenaan.

  

8.   Rumus Perhitungan Pajak

        Rumus perhitungan Pajak Rekalme adalah sebagai berikut :

 

        Tarip Pajak            =  25% x  Nilai Sewa

        Nilai Sewa               = NJOP + Nilai Strategis

 

9.   Masa Pajak

        Masa Pajak adalah jangka waktu yang lamanya sama dengan waktu penyelenggaraan Reklame.

 

10. Tempat Pembayaran Pajak

        Pembayaran Pajak dilakukan di Kas Umum Daerah atau Bendahara Penerimaan pada Dinas
        dan atau Bendahara Penerimaan Pembantu pada UPTD Dinas Pendapatan.

 

11. Nilai Strategis

        A.   Klasifikasi Utama

              1.   Pertigaan Karanglo dengan radius 250 m;

              2.   Perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Pasuruan;

              3.   Pembatas jalan (median jalan) antara batas Kota Malang sampai dengan batas
                    Kabupaten Pasuruan;

              4.   Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan reklame melintang (bando jalan);

              5.   Diatas gedung/bangunan.

 

        B.   Klasifikasi A

              1.   Sepanjang badan jalan secara permanen pada ruas jalan raya antara perbatasan Kota Malang
                    sampai dengan perbatasan Kabupaten Pasuruan;

              2.   Persimpangan, Perempatan, Tikungan Jalan Protokol;

              3.   Pasar Lawang, Pasar Singosari, Pasar Kepanjen dan Pasar Karangploso dengan radius 500 m;

              4.   Bandar Udara, Terminal bus/taxi, gelanggang olah raga dan tempat rekreasi/objek wisata;

              5.   Sepanjang jalan batas Kota Malang sampai dengan Kepanjen, sepanjang jalan batas Kota
                    Malang sampai dengan perbatasan Kota Batu, perbatasan Kota Malang sampai dengan Pakis,
                    dan pertigaan Karanglo setelah rel Kereta Api sampai dengan perbatasan Kota Batu.

        C.   Klasifikasi B

              1.   Pasar Pakisaji, Pasar Dampit, Pasar Turen dan Pasar Gondanglegi dengan radius 500 m;

              2.   Sepanjang ruas jalan antara Kepanjen sampai dengan batas Kabupaten Blitar, antara
                    perbatasan Kota Malang sampai dengan Dampit, dan antara Kecamatan Pakis sampai dengan
                    Tumpang.

        D.   Klasifikasi C

              1.   Pasar Tajinan, Pasar Sedayu, Pasar Donomulyo, Pasar Pakis dan Pasar Tumpang dengan
                    radius 500 m;

              2.   Sepanjang ruas jalan antara Kepanjen sampai dengan pertigaan Sedayu Turen, perbatasan
                    Kota Malang sampai dengan Tajinan, Tumpang dan Poncokusumo.

        E.   Klasifikasi D

              Adalah pemasangan reklame dilokasi sepanjang ruas jalan selain yang ditetapkan dalam klasifikasi
              utama, klasifikasi A, klasifikasi B, klasifikasi C diatas.

             

 

Untuk Informasi Lebih Lengkap, Hubungi :

Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Malang (DPPKA)

Jl. KH. Agus Salim 7 Malang

(0341) 362372

Share this Post: