Tinjau Vaksinasi di PP Assalam, Ini Arahan Bupati Malang Untuk Warga Desa Rejoyoso

BANTUR - Bupati Malang, H. M. Sanusi, M. M., meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Assalam, Desa Rejoyoso, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang pada Selasa (12/10) siang. Turut hadir pada kegiatan tersebut di antaranya Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, S. H., M. H., Dandim 0818 Malang-Batu, Letkol. Inf. Yusub Dody Sandra, Wakapolres Malang, Kompol. Rizki Tri Putra, perwakilan Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Kebupaten Malang, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, S.Sos, M.M., Kepala Dinas Kesehatan, serta Muspika Bantur.

Sebanyak 400 dosis I dan 119 dosis II vaksin Sinovac telah disediakan pada kegiatan vaksinasi kali ini. Para peserta vaksinasi berasal dari lingkungan Pondok Pesantren Assalam, di antaranya pelajar MTs, SMK, santri Pondok Pesantren Assalam serta dari masyarakat Desa Rejoyoso dan sekitarnya.

Dalam arahannya, Bupati Malang, H. M. Sanusi, M. M., menyampaikan bahwa vaksinasi telah terbukti sebagai obat dari Covid-19. Dan merujuk pada anjuran Rasulullah SAW, bahwasanya setiap penyakit pasti ada obatnya, maka diwajibkan bagi umat Muslim untuk mencari obat dari setiap penyakit tersebut.

Diketahui, pada Bulan Juli 2021 sebelum adanya vaksin di Kabupaten Malang, telah terjadi penularan Covid-19 sebanyak 500 orang per hari dengan jumlah kematian 40-50 orang per hari. Namun semenjak adanya vaksin di Bulan September hingga Oktober ini, kasus penularan sudah mulai melandai dan mereda. Kendati demikian, Bupati Malang tetap mengingatkan para peserta vaksinasi untuk tidak lengah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. "Tetap pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak supaya tidak ada penularan lagi," ucap Bupati Malang.

Saat ini, sudah tidak dijumpai lagi kasus kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Malang dan tidak terdengar lagi suara sirene ambulance yang berlalu lalang layaknya beberapa waktu silam. Hal ini menjadi bukti bahwa vaksin menjadi kunci dalam menekan penyebaran Covid-19. "Mumpung gratis, ayo semuanya ikut vaksinasi. InsyaAllah halal dan boleh, sama halnya dengan transfusi darah. MUI juga sudah menyatakan vaksin halal," himbau Bupati Malang mengakhiri arahannya.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, S.Sos, M.M., menyerahkan bantuan berupa kendaraan roda tiga kepada Pengurus Pondok Pesantren Assalam. Bantuan tersebut diberikan dengan harapan dapat memudahkan urusan operasional di Pondok Pesantren Assalam, Bantur. (prokopim/nrl)

Share this Post: