Tiba di Majang Tengah, Presiden Jokowi Tinjau Kondisi Warga Terdampak Gempa

DAMPIT – Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Malang dengan langsung bergeser ke Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, pada Kamis (29/4) sore. Jokowi, sapaan akrab Presiden bersama rombongan di damping Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa dan Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M meninjau langsung perkembangan kondisi terakhir penanganan warga terdampak gempa bumi beberapa waktu lalu. Tepatnya, usai gelar kunjungan dan meninjau panen padi varietas IPB 3S di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Majang Tengah dipilih dalam kunjungan ini karena merupakan salah satu dari sejumlah lokasi terdampak gempa bumi di Kabupaten Malang. Di lokasi ini, Kepala Negara juga meninjau tenda trauma healing, dapur umum, tenda pengungsi, hingga perkembangan pembangunan rumah sementara bagi warga terdampak yang digagas Pemerintah Kabupaten Malang. Turut serta dalam kunjungan ini diantaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Agung. Presiden juga memberikan pernyataan resmi dari samping mushola yang rusak akibat guncangan gempa berlokasi di tengah perkampungan warga.

‘’Sore ini saya berada di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Untuk meninjau gempa bumi yang terjadi beberapa hari yang lalu. Tadi saya sudah mendapatkan laporan kerusakan khusus untuk yang di Kabupaten Malang, ada 1.716 rumah baik yang rusak berat, sedang dan ringan,” terang Presiden Joko Widodo dalam keterangan resminya dari Majang Tengah.

Dijelaskan Jokowi, bahwa semuanya nanti akan dibantu dari Pemerintah Pusat. Presiden lantas merinci, meliputi rumah rusak berat akan dibantu Rp 50 juta, rusak sedang dibantu Rp 25 juta, dan yang rusak ringan dibantu Rp 10 juta. Beliau pun berharap nanti segera dilaksanakan rekontruksi. Presiden juga menambahkan, untuk fasilitas umum yang rusak seperti bangunan mushola yang ada dibelakangnya saat memberikan keterangan didampingi Ketua DPR RI, Menteri PUPR, Sekretaris Kabinet, Gubernur Jatim dan Bupati Malang juga akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

‘’Dengan ini, saya kira kita ingin agar kehidupan bisa normal kembali. Dan, kita harapkan semuanya nanti, yang terdampak gempa di Kabupaten Malang, semuanya sudah segera dimulai dikerjakan dalam bulan-bulan Mei ini,” pungkas Presiden. (humas/poy)

Share this Post: