Kampanye Gaya Hidup Sehat Sekaligus Promosi Wisata, Bupati Malang Buka Kanjuruhan Healthy Cycling 2022

KEPANJEN - Dalam rangka mengkampanyekan gaya hidup sehat olah raga dengan bersepeda sekaligus sebagai sarana promosi pariwisata Kabupaten Malang, Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M. M., membuka secara resmi Kanjuruhan Healthy Cycling 2022 di titik start pemberangkatan yaitu di Halaman Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Minggu (9/1) pagi. Turut menyemarakkan kegiatan tersebut di antaranya Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, S. H., M. H., Forkopimda Kabupaten Malang, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, S. E., beserta Ibu, perwakilan Forkopimda Kota Malang, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Muspika terkait.

Mengawali sambutannya, Drs. H. M. Sanusi, M. M., menyampaikan apresiasi bahwa pada momentum Hari Kesehatan Nasional ke 57 yang mengusung tema "Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku" hari ini dimeriahkan dengan kegiatan yang luar biasa, yakni lomba balap sepeda bertajuk Kanjuruhan Healthy Cycling 2022. "Di samping sehat, kita juga bisa merasa senang. Karena kunci kesehatan itu banyak dipengaruhi dari emosi dan pikiran. Kalau pikiran fresh dan perasaan senang, maka insyaAllah terhindar dari berbagai penyakit," ucap Bupati Malang.

Lebih lanjut Bupati Malang juga berharap bahwa event seperti ini layaknya dijadikan event tahunan, bahkan event nasional dengan hadiah yang lebih menarik. Karena selain untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan bersepeda, kegiatan ini juga dalam rangka mempromosikan pariwisata di Kabupaten Malang. "Tentunya nanti rutenya kita upayakan untuk mengarah ke pariwisata di Kabupaten Malang. Kali ini dipilih Lembah Indah Malang, untuk event berikutnya bisa dipilih titik finish di tempat-tempat wisata lainnya di Kabupaten Malang," terang Bupati Malang.

Start perlombaan balap sepeda ini dimulai dari Halaman Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, sedangkan titik finish dan penyerahan hadiah bertempat di Lembah Indah Malang, Kecamatan Ngajum. Adapun kategori yang dilombakan yaitu Kategori Atlet yang terdiri dari Men Open (pria usia di atas 19 tahun), Men Junior (pria usia di bawah 18 tahun), dan Women Open (wanita usia di bawah 35 tahun). Sementara itu pada Kategori Non-Atlet terdiri dari Master A (pria usia 30-40 tahun), Master B (pria usia 41-50 tahun), Master C (pria usia di atas 51 tahun), dan Women Master (wanita usia di atas 36 tahun).

Kanjuruhan Healthy Cycling 2022 merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Malang berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), serta Indonesian Cycling Federation (Ikatan Sport Sepeda Indonesia). Peserta kegiatan ini berasal dari seluruh Indonesia yang telah mendaftar baik secara online maupun offline. Sebelumnya pada Sabtu (8/1) telah dilaksanakan swab antigen di Gedung Socrates Dinas Kesehatan Kabupaten Malang bagi seluruh peserta Kanjuruhan Healthy Cycling 2022. (prokopim/nrl)

Share this Post: