Hadiri Rakerda AKD, Bupati Malang : Suksesnya Pembangunan Desa Mewarnai Suksesnya Pembangunan Kabupaten Malang

MALANG - Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM, membuka acara Rapat Kerja Daerah ke-II Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Malang Tahun 2021 dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, acara ini berlangsung di Savana Hotel & Convention Malang, Minggu (21/11) siang. 

Acara ini juga di hadiri oleh Wakil Ketua MPR RI sekaligus Anggota Komisi X DPR RI Dapil Malang Raya, Dr Ahmad Basarah, Anggota DPRD Jawa Timur, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP, Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, S.H, M.H, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi S.Sos, dan para Kepala Desa se Kabupaten Malang. 

Melalui sambutannya, Bupati Malang menjelaskan bahwa reformasi birokrasi di Indonesia telah membawa dampak perubahan yang begitu besar, termasuk adanya kebijakan desentralisasi dari pusat ke daerah. Di lingkup Pemerintah Daerah pun, hembusan arus desentralisasi juga terus mengalir, sehingga fokus pembangunan saat ini tidak hanya berpusat pada daerah perkotaan, melainkan telah menjalar ke wilayah desa sebagai pilar-pilar ekonomi yang memiliki potensi strategis untuk dikembangkan.

“Wilayah di Kabupaten Malang perlu di sadari bahwasannya Suksesnya pembangunan di desa sangat menentukan suksesnya pembangunan di Kabupaten Malang, suksesnya pembangunan di Kabupaten Malang mewarnai suksesnya pembangunan di Provinsi dan suksesnya pembangunan di Provinsi mewarnai suksesnya pembangunan di Indonesia, Kabupaten Malang menjadi barometer Indonesia, hingga Presiden RI menyatakan akan membangun Indonesia dari desa di mulai dari Kabupaten Malang, oleh sebab itu saya selaku Bupati Malang mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kepala Desa yang telah bangkit untuk membangun Kabupaten Malang” ucap Bupati Malang. 

Ke depannya desa akan menjadi harapan sekaligus impian untuk dapat menopang perekonomian daerah, mengingat Kabupaten Malang terdiri dari 33 Kecamatan, dengan 378 Desa dan 12 Kelurahan. Untuk itu, perlu kita sadari pula bahwa suksesnya pembangunan di desa juga sangat menentukan kesuksesan pembangunan di Kabupaten Malang.

Melanjutkan sambutannya Bupati Malang menyampaikan bahwa untuk menyukseskan agenda pembangunan desa agar sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Malang, tentu peran Kepala Desa menjadi sangat penting. 

Kegiatan AKD hendaknya juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, berbagi pengetahuan dan pengalaman positif dalam menjalankan roda pemerintahan desa, Kepala Desa diharapkan mampu menciptakan koordinasi vertikal dan horizontal yang baik, dengan jajaran Aparatur Desa maupun dengan Badan Permusyawaratan Desa atau BPD. 

Dalam hal ini Bupati Malang berpesan kepada Para peserta AKD, “besarnya perhatian terhadap pembangunan desa, maka akan semakin besar pula semangat para Kepala Desa dan seluruh unsur penyelenggara Pemerintah Desa, untuk terus berproses, berupaya dan berusaha mengoptimalkan segala potensi desa demi kesejahteraan masyarakat dan Kegiatan AKD ini hendaknya dapat di jadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi, sehingga nanti Kepala Desa dapat bersatu padu saling mengisi satu sama lain dengan kemandirian Desa yang sudah menjadi Desa Mandiri” pesan Bupati Malang. 

Terakhir, untuk itu Bupati Malang berharap “Rapat Kerja ini dapat menjadi sarana strategis untuk kemajuan AKD Kabupaten Malang kedepannya. Saya yakin dan optimis, keberadaan AKD Kabupaten Malang semakin kompak dan bergerak dinamis menjawab berbagai tantangan serta berjalan selaras dengan kondisi terkini, sekaligus dapat mendukung program pembangunan desa agar lebih maju, mandiri dan berdaya saing,” harap Bupati Malang. (Prokopim/gis)

Share this Post: