Bupati Malang Raih Penghargaan Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terbaik V Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022

SURABAYA – Pada Upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2022 yang digelar di halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Jl. Dukuh Menanggal No. 124-126, Surabaya, Rabu (12/1) pagi, Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M. M., mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terbaik V Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Suwadji, S.IP., M.Si., yang kala itu hadir mewakili Bupati Malang. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Drs. M. Nur Fuad Fauzi, M. T., yang sekaligus menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Timur juga menyerahkan penghargaan kepada 55 perusahaan di Kabupaten Malang, di antaranya PT. Pindad yang menerima Zero Accident Award, PT. Kosmetikatama Super Indah yang menerima Penghargaan Kategori Platinum pada Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Kerja, serta MPS Ngantang yang menerima penghargaan Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memberikan apresiasi dan motivasi pada perusahaan yang telah menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen K3 sehingga mencapai kecelakaan nihil (zero accident), mengimplementasikan Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 dalam rangka menciptakan kondisi lingkungan kerja yang aman, nyaman, kondusif dan sehat.

Di samping Bupati Malang, Penghargaan Pembina K3 juga diberikan kepada Walikota Surabaya, Bupati Gresik, Bupati Pasuruan, Bupati Sidoarjo, Bupati Tuban, Bupati Lamongan, Walikota Madiun, Bupati Mojokerto, dan Bupati Jombang. Adapun perusahaan penerima Zero Accident Award (kecelakaan nihil) sebanyak 336 perusahaan, penerima SMK3 sebanyak 239 perusahaan, penerima penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS sebanyak 49 perusahaan, Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 sebanyak 170 perusahaan, serta 1 orang penerima penghargaan Pemerduli K3.

Pada Upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2022 yang mengambil tema “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi” tersebut Gubernur Jawa Timur bertindak selaku Inspektur Upacara. Tampak hadir pada acara tersebut di antaranya Bupati/Walikota penerima penghargaan, perusahaan penerima penghargaan, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, APINDO, Serikat Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan. (prokopim/nrl)

Share this Post: