Bupati Malang: Perkembangan BumDes ini Wujud Keseriusan Masyarakat Desa Argoyuwono

AMPELGADING - Perkembangan BumDes ini Merupakan Wujud Keseriusan Masyarakat Desa Argoyuwono yang sangat setrategis dan memang sangat penting untuk dikembangkan. Hal ini disampaikan Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, dalam sambutanya saat menghadiri Peresmian Gedung Baru BumDes Agro Maju Sejahtera dan Launching Unit Usaha Peternakan Kambing serta Penyerahan Secara Simbolis Sertifikat Badan Hukum BumDes dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang berlokasikan di Balai Desa Argoyuwono Kecamatan Ampelgading. Sabtu (15/1) pagi. Turut hadir pada acara tersebut diantaranya, Ketua TP PKK Kabupaten Malang Ibu Hj Anis Zaidah Sanusi, Asisten Pemerintahan dan Kesra, perwakilan Perangkat Daerah Kabupaten Malang, serta Camat dan Muspika Ampelgading.

Perlu diketahui bahwa mayoritas wilayah Kabupaten Malang adalah kawasan perdesaan, sebanyak 378 Desa yang tersebar di 33 Kecamatan. Dengan wilayah perdesaan yang begitu banyak, maka dari itu berbagai program yang bertujuan untuk memajukan kawasan perdesaan senantiasa menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang.

“Pengalaman yang dialami selama ini khususnya di wilayah Kabupaten Malang, telah memberikan pelajaran bahwa pengelolaan desa memerlukan pola pendekatan baru yang diharapkan mampu menstimulus dan menggerakan roda perekonomian di perdesaan.  Stimulus dimaksud saat ini telah diwujudkan melalui pendirian kelembagaan ekonomi yang dikelola sepenuhnya oleh dan untuk masyarakat desa, melalui adanya BUMDes,” ucap Bupati Malang 

Bupati Malang juga menjelaskan bahwa BUMDes dibentuk dengan tujuan ganda, yaitu sebagai lembaga sosial dan lembaga komersial. Sebagai lembaga sosial BUMDes haruslah berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan layanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar atau dengan kata lain bertujuan untuk memperkuat perekonomian desa.

“Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, semakin memperkuat posisi BUMDes, sekaligus menjadi dasar kekuatan hukum bagi BUMDes untuk dapat menjalin kemitraan dengan pihak manapun. Artinya ke depan BUMDes diharapkan mampu bergerak lebih dinamis lagi untuk meningkatkan jejaring bisnis dan usahanya, yang muaranya juga untuk peningkatan kesejahteraan serta kemandirian desa dalam jangka panjang,” ucap Bupati Malang

Selain untuk memperkuat perekonomian desa, Bupati Malang Berharap keberadaan BUMDes dapat memperkuat potensi desa yang belum dimanfaatkan secara optimal terutama kekayaan desa. Dimana secara khusus pada hari ini, selain peresmian kantor dan gedung BUMDes juga ada Launching Unit Usaha Peternakan Kambing yang memang menjadi salah satu potensi di Desa Argoyuwono.

“Dengan melihat potensi tersebut, yang dibangun atas prakarsa/inisiatif dari masyarakat Desa Argoyuwono, maka Pemerintah Kabupaten Malang ke depan juga akan terus mengupayakan agar pertumbuhan BUMDes ini dapat menuju ke arah yang telah direncanakan,” ucap Bupati Malang 

Diakhir dengan adanya Kantor dan Gedung BUMDesa Argo Maju Sejahtera ini Bupati Malang juga berharap dapat membantu mengakselerasi pengembangan BUMDes yang profesional, baik dari sisi SDM maupun sistem tata kelolanya. Kita menyadari, bahwa dalam upaya menjadikan BUMDes sebagai kekuatan ekonomi baru di tingkat desa masih menempuh jalan yang panjang dan berliku. Maka pada momentum ini semoga akan menjadi pemantik semangat bagi masyarakat Desa Argoyuwono, sehingga ke depan BUMDesa Argo Maju Sejahtera benar-benar mampu menumbuh-kembangkan perekonomian rakyat, dan membuka kesempatan berusaha yang lebih luas, demi terwujudnya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat secara luas. (prokopim/yus)

Share this Post: