Bupati Malang Letakkan Batu Pertama Pembangunan SPAM Sumber Kaligoro

GEDANGAN – Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M hadir pada acara Sosialisasi dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Malang Selatan dari Sumber Kaligoro, di Desa Segaran, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Rabu (9/6) siang. Dalam kegiatan ini, Bupati mengawalinya dengan meletakkan batu pertama pembangunan SPAM didampingi Dirut Tirta Kanjuruhan dan rekanan. Kemudian, dilanjutkan dengan memberikan arahan pada acara sosialisasi yang digelar di Kantor Balai Desa Segaran.

Bupati menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan berpartisipasi dalam rangka mendukung pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sumber Kaligoro. Harapannya, pembangunannya dapat berjalan lancar dan semoga kegiatan ini dapat menjadi wadah strategis untuk saling sharing serta bertukar pikiran, sehingga akan tercipta kesamaan persepsi. Utamanya, terkait rencana realisasi pembangunan SPAM di Malang Selatan.

‘’Pemerintah Kabupaten Malang menyadari betul bahwa pengelolaan sumber daya air perlu diarahkan untuk mewujudkan keterpaduan yang harmonis antar wilayah, antar sektor, dan antar generasi. Karena air bukan hanya dimanfaatkan oleh kita saat ini, tapi juga oleh anak cucu generasi penerus selanjutnya. Untuk itu pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan, baik terkait konservasi, maupun pendayagunaan dan pengendaliannya, mutlak diperlukan,” jelas Pak Sanusi dalam arahannya.

Bupati juga menyadari bahwa persoalan ini tidak dapat diselesaikan sendiri oleh pemerintah, tetapi harus melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat sebagai penerima manfaat. Sehingga kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya air dengan bijak tentunya perlu untuk terus ditingkatkan. Dengan dimulainya pembangunan SPAM Sumber Kaligoro ini, Sanusi pun berharap masyarakat nantinya dapat semakin sadar dengan kelestarian lingkungan yang ada di sekitar sumber air.

‘’Keberadaan infrastruktur yang dibangun dengan baik, hendaknya dapat diimbangi dengan penggunaan air yang bijak dan maintenance atau perawatan yang baik pula oleh masyarakat, sehingga fungsi dan manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan atau jangka panjang. Mari perkuat kembali komitmen kita bersama, agar keberadaan SPAM ini nantinya dapat memberikan manfaat yang nyata, dan benar-benar dapat dikelola secara bijaksana, menyeluruh, terpadu, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan,” harap Bupati. (humas/poy)

Share this Post: