Bupati Malang Lakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Dengan Pemkab Blitar

MALANG - Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM, melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Blitar dan Pemerintah Kabupaten Malang, kegiatan ini berlangsung di pringgitan Kabupaten Malang, Senin (22/11) pagi. 

Pada pertemuan ini turut di hadiri Bupati Blitar, HJ. Rini Syarifah, AMd beserta rombongan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, serta Beberapa Jajaran Perangkat Daerah di Kabupaten Malang. 

Dalam sambutannya Bupati Malang menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Blitar dan semua pihak atas terwujudnya keberlanjutan kesepakatan bersama karena langkah ini penting dalam menciptakan keterpaduan pembangunan antar daerah dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektifitas, serta sinergi dalam penyediaan pelayanan umum di berbagai bidang mengingat bahwa banyak kesamaan potensi dari kedua daerah tersebut mulai sektor pertanian, perikanan dan peternakan, dengan beberapa kesamaan yang berpeluang untuk semakin di tingkatkan .

Pemberian otonomi kepada daerah memberikan ruang yang luas bagi daerah untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Perubahan terjadi secara dinamis dari tahun ke tahun, baik dilihat dari aspek kewenangan daerah, kelembagaan, kepegawaian, anggaran, hubungan eksekutif dan legislatif maupun pelayanan publik. 

“Hal in dapat dilakukan dengan pertukaran teknologi ,potensi dan kolaborasi antar kedua daerah , terutama soal jalan perbatasan antara Kabupaten Malang dan Blitar yang harus ditingkatkan lewat kolaborasi ini agar nantinya dengan kualitas yang bagus akan mendongkrak perekonomian masyarakat di perbatasan daerah,” ujar Bupati Malang

Melanjutkan sambutannya Bupati Malang menjelakan bahwa pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, serta sinergi yang saling menguntungkan, “peluang kerjasama seperti inilah yang harus terus kita bangun dan di upayakan bersama, Mengingat setiap daerah pasti memiliki potensi yang dapat dikerjasamakan dengan daerah lainnya, baik itu potensi ekonomi, sosial budaya, pariwisata maupun sumber daya alam, dan yang tidak kalah penting adalah pelayanan publik,” ucap Bupati Malang. 

Kabupaten Malang merupakan suatu wilayah yang secara geografis sangat berdekatan, penandatanganan kerja sama ini merupakan suatu bentuk kepedulian dan keseriusan antar Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, “untuk mengoptimalisasi potensi daerah, meningkatkan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan tidak mengesampingkan pula kontribusi/manfaat yang dapat diberikan bagi Kabupaten/Kota tetangga, hal ini sangat pentingkarena dengan kolaborasi yang baik, secara langsung maupun tidak langsung kita akan dapat mengakselerasi jalannya pembangunan di masing-masing daerah” tutur Bupati Malang. 

Terakhir, Bupati Malang berharap agar kegiatan ini agar dapat segera ditindaklanjuti dengan kerja sama oleh tim teknis Pemerintah Daerah masing-masing.”Saya yakin kesempatan ini juga memiliki pemikiran yang sama untuk memberikan yang terbaik kepada daerah dan masyarakatnya, semoga kehadiran dan pertemuan kita ini menjadi langkah yang positif untuk membangun kerjasama yang harmonis, saling menguntungkan dan memberikan dampak positif bagi daerah serta masyarakat utamanya yang ada di wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar,” harap Bupati Malang, (Prokopim/gis)

Share this Post: