SEJARAH HARI GURU NASIONAL

Tanggal 25 november selalu diperingati sebagai Hari Guru Nasional di Indonesia, dan tahun ini merupakan peringatan ke-76. Tujuan diperingatinya Hari Guru ini adalah untuk memberikan penghargaan dan dedikasi kepada seluruh pahlawan tanpa tanda jasa di Indonesia. Akan tetapi, pernahkah terpikir kenapa Hari Guru diperingati setiap tanggal 25 november? Dikutip  dari berbagai sumber, berikut alasan kenapa Hari Guru diperingati 25 november. Tanggal 25 november merupakan hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tanggal itu pun ditetapkan sebagai peringatan Hari Guru Nasional, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Terdapat beberapa alasan yang menjadi pertimbangan kenapa 25 november ditetapkan sebagai Hari Guru yaitu:

1. Guru memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional.

2. Tanggal tersebut diperingati sebagai hari ulang tahun PGRI, dan sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru.

Ternyata, organisasi perjuangan guru nasional juga telah berdiri sejak zaman Belanda, yakni pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Tidak lama setelah PGHB berdiri, banyak muncul organisasi guru baru seperti Persatuan Guru Bantu (PGB), dan Perserikatan Guru Ambachtsschool (PGAS). Kemudian ada juga organisasi guru berbasis keagamaan atau kebangsaan seperti Christelijke Onderwijs Verenenging (COV), dan Katolieke Onderwijsbond (KOB). Rupanya, semangat bangsa Indonesia untuk memperbaiki kehidupan mengantarkan perubahan besar. PGHB pun mengubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932, untuk mencerminkan semangat kebangsaan menjadi bukti perjuangan nasional. Meski sempat ditutup pada zaman pendudukan Jepang, para guru Indonesia kembali membangun semangat juangnya. Semangat kemerdekaan tahun 1945 ini menjadi dorongan besar dilaksanakannya Kongres Guru Indonesia yang digelar pada 24 sampai 25 november 1945. Dalam kongres yang mempertemukan berbagai organisasi guru di Tanah Air dengan latar belakang yang berbeda-beda tersebut, lahirlah PGRI. Akhirnya pada tanggal 25 november 1945 di Surakarta, PGRI didirikan dengan semangat kemerdekaan. Sejak saat itulah, tanggal 25 november juga diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Ternyata !....Semangat Kemerdekaan adalah Semangat Para Guru, Jayalah Negeriku, Para Guru akan Menuntun Generasimu untuk Membuat tersenyum Ibu Pertiwi.

Share this Post: