Wakil Bupati Malang Terima Kunjungan Tim Penilai Apresiasi Kelompok Tani Kopi dan Kakao Berpreatasi 2024

AMPELGADING - Wakil Bupati Malang Drs.H.Didik Gatot Subroto,SH.,M.H menerima Tim Penilai Apresiasi Kelompok Tani Kopi dan Kakao Berprestasi Tahun 2024 beserta seluruh rombongan di Dusun Tawangsari Desa Tirtomarto Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang pada Jum'at (5/7) pagi. Hadir mendampingi Wakil Bupati Malang, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Nurman Ramdansyah, S.H. M.Hum; Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang Ir. Avicenna M. Saniputra, M.T, M.H; Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan serta Camat dan Forkopimcam Ampelgading. 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Wakil Bipati Malang menyampaikan sampaikan Selamat Datang kepada Ketua Tim Penilai Apresiasi Kelompok Tani Kopi dan Kakao Berprestasi Tahun 2024 beserta seluruh rombongan di Dusun Tawangsari Desa Tirtomarto Kecamatan Ampelgading. "Semoga kehadiran Tim Penilai disini mampu memotivasi masyarakat Dusun Tawangsari, khususnya kepada Kelompok Tani "Tani Sari" yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi pada ajang Apresiasi Kelompok Tani Kopi dan Kakao Berprestasi Tahun 2024," ujar Wakil Bupati Malang.

Untuk itu, Wakil Bupati Malang mengucapkan selamat melaksanakan penilaian kepada Tim Penilai Apresiasi Kelompok Tani Kopi dan Kakao Berprestasi Tahun 2024. "Berharap seluruh rangkaian kegiatan nantinya dapat berjalan dengan lancar dan mampu memberikan hasil yang maksimal sehingga Kelompok Tani "Tani Sari" dapat memperoleh penilaian yang baik, dan lolos tahap selanjutnya. Aamiin," seru Wakil Bupati Malang.

Sektor pertanian dan perkebunan saat ini masih menjadi sektor andalan yang sangat penting sebagai penopang perekonomian daerah dan tumpuan bagi sebagian besar masyarakat Kabupaten Malang. Secara khusus untuk wilayah Kecamatan Ampelgading, masyarakat disini menjadikan kopi sebagai komoditas perkebunan andalan, mengingat kondisi geografis dan iklim yang sangat mendukung budidaya tanaman kopi.

Apalagi industri kopi di Kabupaten Malang bahkan di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang, dan kopi Amstirdam (Ampelgading, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, Dampit) menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Malang yang eksistensinya terus meningkat di kalangan pecinta kopi. Hal ini tentunya menciptakan konsekuensi dan menuntut para petani kopi di wilayah Kecamatan Ampelgading untuk semakin produktif dan inovatif dalam menghasilkan biji kopi berkualitas dengan penerapan metode tanam yang tepat, didukung dengan ketekunan dan juga keterampilan dalam memproses maupun mengolah biji kopi.

"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang tentunya menyambut baik dengan adanya lomba Apresiasi Kelompok Tani Kopi dan Kakao Berprestasi Tahun 2024 ini. Dimana melalui pelaksanaan lomba ini saya berharap ada output lanjutan yang ditunjukkan dengan meningkatnya produktivitas kopi maupun kakao di Kabupaten Malang, baik dari segi kualitas maupun kuantitanya," kata Wakil Bupati Malang.

Lebih lanjut, yang perlu menjadi perhatian bersama, adalah bagaimana kegiatan seperti ini nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi kelompok tani, tidak hanya bagi kelompok tani "Tani Sari" tetapi juga kelompok tani kopi di Kabupaten Malang secara keseluruhan, agar nantinya terus belajar dan menambah wawasan utamanya dalam rangka meningkatkan produktivitas kopi, mulai dari tahap penanaman, perawatan, sampai tahap panen dan juga cara-cara pengolahan yang tepat.

"Saya berharap petani-petani kopi di Kabupaten Malang memiliki semangat untuk terus berkembang, mengingat industri kopi juga terus bergeliat, tidak hanya skala Nasional tetapi juga mancanegara. Hal ini merupakan sebuah peluang, dan Pemerintah Kabupaten Malang akan terus berupaya untuk melakukan pendampingan kepada petani kopi agar semakin produktif, sehingga mampu menghasilkan produk kopi yang berkualitas dunia," harap Wakil Bupati Malang. (prokopim/dhe)

Share this Post: