Tahun Baru Islam, Bupati Malang hadiri Grebeg Suro Dusun Bagean Dusun Wiyurejo

PUJON -  Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M menghadiri acara Grebek Suro Dusun Bagean dan Dusun Wiyurejo, Desa Wiyurejo Kecamatan Pujon yang bertempat di Dusun Bagean Dusun Wiyurejo, Minggu (7/7) siang. Turut hadir mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten Malang, beberapa jajaran Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Camat dan Forkopimcam Pujon. 

Pada sambutannya, Bupati Malang menyampaikan bahwa kegiatan Grebeg suro ini menjadi ajang uri-uribudaya luhur peninggalan dari nenek moyang. “semoga kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Utamanya guna meningkatkan roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Dusun Bagean Dusun Wiyurejo,” tutur Bupati Malang. 

Jatuhnya 1 Muharramm ini merupakan salah satu bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam karena terdapat banyak keutamaan di dalamnya. Bulan Muharram, merupakan satu dari empat bulan dalam kalender Islam yang dikenal sebagai bulan kedamaian. Sebab pada bulan ini, Umat Islam dilarang untuk berperang kecuali dalam keadaan terpaksa. 

Bulan Muharram juga disebut dengan Bulan Allah. Sebab dalam bulan pertama di kalender Islam ini, terdapat banyak peristiwa sejarah yang penting sepanjang berjalannya peradaban manusia.  “Salah satunya yang masih sering kita lestarikan yakni tradisi Grebeg Suro yang pada hari telah berlangsung,” ujar Bupati Malang. 

Oleh sebab itu, Bupati Malang berpesan agar semua memaknai momentum Tahun Baru Islam ini sebagai refleksi untuk lebih bersyukur dan melestarikan warisan adat serta budaya yang sudah menjadi tradisi di Dusun Bagean dan Dusun Wiyurejo maupun Kabupaten Malang pada umumnya.

“Pesan kerukunan juga saya harapkan dapat menjadi fokus pembahasan pada kegiatan sarasehan budaya ini,  sehingga seluruh aspek dalam kehidupan sosial kemasyarakatan tersebut dapat berjalan beriringan dengan toleransi yang tinggi,” pungkas Bupati Malang. 

Sebagai kegiatan atau ritual yang dianggap sakral oleh warga setempat, Bupati Malang yakin bahwa esensi dari dilaksanakannya Grebeg Suro ini pada dasarnya adalah untuk melestarikan nilai-nilai luhur. kegiatan ini juga menjadi salah satu penggerak roda perekonomian yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warga sekitar. “Manfaatkan momen ini sebagai ajang promosi untuk mengenalkan produk khas dari Desa Wiyurejo Kecamatan Pujon agar lebih dikenal baik pada skala regional, nasional dan bahkan mancanegara,” ucap Bupati Malang (prokopim/gis) 

Share this Post: