HARGANAS KE 31 TINGKAT PROVINSI JATIM, PEMKAB MALANG RAIH BERBAGAI PENGHARGAAN

SURABAYA - Hari Keluarga Nasional Ke-31 Tingkat Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Malang Raih penghargaan Juara 1 Apresiasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Subbidang Keluarga Berencana (KB) bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Kategori Pagu Besar Tingkat Provinsi Tahun 2024 dan Penghargaan iBangga Award yang di serahkan oleh Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, A.Ks., M.A.P, Kepada Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M di Jatim Expo Convention Exchibition Surabaya, Rabu (10/7) siang.

IBangga Award adalah apresiasi yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang mempunyai Indeks Pembangunan Keluarga yang tertinggi berdasarkan hasil Pemutakhiran Pendataan Keluarga. Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) merupakan indeks pengukuran kualitas keluarga yang ditujukan melalui tiga dimensi yaitu dimensi ketenteraman, kemandirian, dan kebahagiaan keluarga. Dalam hal ini, Kabupaten Malang menjadi salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang peduli dan memperhatikan program-program yang berhubungan dengan keluarga.

Ada hal yang patut dibanggakan oleh masyarakat Kabupaten Malang, dimana dalam peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-31 Kabupaten Malang mendapatkan banyak Prestasi yaitu juara 1 Sekolah Siaga Kependudukan di Jawa Timur untuk kategori sekolah yang di bina oleh Kementerian Agama. Juara 1 Role Model Tempat Praktik Mandiri Bidan (TPMB) dalam pelayanan KB Tingkat Nasional (Regional 1 Kategori Non DTPK) - TPMB Kartini Dusun Pandansari Desa Pandanrejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang; Juara 1 Kampung KB Tingkat Nasional (Regional 1 Kategori Kabupaten) - Kampung KB Jaya Manunggal Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang; dan Juara 1 Rumah Dataku kategori Digitalisasi, serta juara 1 Sekolah Siaga Kependudukan level SMP oleh SMP 4 Kepanjen dan level SMA oleh SMA 1 Turen.

Dalam hal ini, Bupati Malang mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih serta selamat bagi peraih penghargaan dalam mendukung percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Malang. “Kerjasama yang sudah dilakukan telah menghasilkan sesuatu yang luar biasa, kita bisa menurunkan angka stunting di Kabupaten Malang. Hasil penurunan stunting ini merupakan peran dari seluruh mitra, dan terbukti telah membuahkan hasil yang baik dimana sekarang Kabupaten Malang mendapatkan banyak prestasi,” ujar Bupati Malang.

Selanjutnya Bupati Malang berharap agar Pemerintah Provinsi terus memberikan dorongan dan motivasi serta mensinergikan program-program penanganan stunting.

Turut hadir Kepala BKKBN Pusat, dr. Hasto Wardoyo , Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Perwakilan BKKBN Jatim, Dra.Maria Ernawati, MM, Bupati/Wali Kota di beberapa wilayah di Jawa Timur, Forkopimda Jawa Timur dan Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj. Anis Zaidah Sanusi. (Prokopim/gis)

Share this Post: