Bupati Malang: Murak Encek, Lestarikan Budaya Bersih Desa Tambakrejo

SUMBERMANJING WETAN - Murak Encek kegiatan masyarakat Desa Tambakrejo dalam rangka Bersih Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan sebagai bentuk melestarikan budaya leluhur serta sebagai wujud rasa syukur masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM saat menghadiri kegiatan Bersih Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan berlokasikan di Balai Desa Tambakrejo, Jumat (5/7) pagi.

Sebagai informasi encek ini adalah sajian makanan, mulai nasi dan lauk pauk, yang diletakkan di dalam sebuah tempat yang terbuat dari pelepah pohon pisang yang telah dibuat sedemikian rupa, sehingga membentuk sebuah wadah atau tempat makanan. encek yang dikirab adalah hasil sumbangan warga lalu dikumpulkan terlebih dahulu di Kantor Desa Tambakrejo.

Bupati Malang dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada masyarakat Desa Tambakrejo yang telah melaksanakan kegiatan Bersih Desa dengan harapan untuk melestarikan budaya leluhur dan semakin meningkatkan kebersamaan pada masyarakat. 

“Terimakasih kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini untuk menggalang kebersamaan, kerukunan, agar masyarakatnya bahu-membahu dan gotongroyong dalam rangka membangun desa,” tutur Bupati Malang 

Sesuai dengan tema “Dengan Semangat Bersih Desa Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa Rambakrejo Yang Bersih dan Berwibawa” ini Bupati Malang berharap agar masyarakat dan Pemerintah Desa Tambakrejo dapat bergandengan tangan bersama-sama demi mewujudkan desa maju yang bersih dan berwibawa. 

Pada momen ini Bupati Malang juga berkesempatan menyerahkan bantuan Fasilitasi Bersih Desa Pemerintah Kabupaten Malang kepada Pemerintah Desa Kabupaten Malang dengan nominal Rp. 5.000.000,00.

Selanjutnya Kepala Desa Tambakrejo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam tema besar kegiatan bersih desa ini, tantangan kita bersama adalah mewujudkan Pemerintahan Desa yang bersih dan berwibawa. 

“Bersih bukan berarti hanya dalam pemerintahannya saja tetapi juga seluruh warga masyarakat Desa Tambakrejo, kita harus bisa saling mengisi, saling menguatkan, saling memberi masukan supaya desa kita semakin hari semakin baik,” tutur Kepala Desa Tambakrejo (Prokopim/Yus) 

Share this Post: