Bupati Malang hadiri Penen Perdana Kentang Penerima Manfaat Hibah Kompetitif Klaster Kentang

PONCOKUSUMO-Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M menghadiri Panen Perdana Kentang Penerima Manfaat Hibah Kompetitif Klaster Kentang berlokasikan di Lahan Pertanian Dusun Jarak Ijo Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo, Sabtu (15/6) siang. 

Hibah Kompetitif Klaster Kentang yang diberikan kepada kelompok petani milenial Dusun Jarak Ijo (Potato Forever) merupakan bantuan dari Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS), Kementerian Pertanian untuk menciptakan wirausaha milenial yang tangguh dan berkualitas. 

Selain dihadiri oleh Bupati Malang kegiatan Panen Kentang ini juga dihadiri oleh Sekretaris Badan PPSDMP Kementerian Pertanian Dr. Ir. Siti munifah M. Si, Direktur polbangtan Dr. Ir. Setya budi udrayana Spt., Msi., Ipm, Jajaran Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Forkopimcam Poncokusumo, para penerima Hibah Klaster Kentang, Kepala Desa Ngadas beserta Kepala Dusun Jarak Ijo. 

Bupati Malang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kelompok Tani dan para petani Dusun Jarak Ijo, Pemerintah Desa dan segenap masyarakat Desa Ngadas yang telah memegang komitmen tinggi untuk terus mengembangkan dan mempertahankan tanaman kentang sebagai komoditas pertanian. 

“Hasil panen yang telah kita saksikan pada hari ini, adalah bukti nyata dari komitmen, kerjasama dan dedikasi Bapak dan Ibu sekalian untuk semakin meningkatkan kesejahteraan para petani kentang di Dusun Jarak Ijo Desa Ngadas,” tutur Bupati Malang 

Lebih lanjut Bupati Malang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders terkait yang telah memberikan dukungan dan pendampingan kepada para petani kentang di Desa Ngadas. 

Program hibah kompetitif pada klaster pertanian kentang ini bukan hanya sekedar pemberian bantuan. Akan tetapi juga merupakan bentuk pengakuan atas potensi pertanian kita, sekaligus sebagai langkah nyata dalam mendorong produktivitas serta kualitas hasil tani. 

“Kentang merupakan salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan permintaan pasar yang terus meningkat. Pengembangan klaster kentang di daerah ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani dan perekonomian desa,” jelas Bupati Malang 

Bupati Malang berharap agar program ini terus berkelanjutan dan dapat ditingkatkan. Bupati Malang juga berpesan kepada para petani untuk terus belajar, berinovasi, dan beradaptasi dengan teknologi pertanian terbaru agar hasil panen semakin meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitas. 

“Mari kita manfaatkan setiap peluang dan potensi yang ada untuk kemajuan bersama. Semoga hasil panen tahun ini menjadi berkah bagi kita semua dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo.” Pungkas Bupati Malang 

Selanjutnya Sekrtaris Badan PPSDMP Kementerian Pertanian Dr. Ir. Siti munifah M. Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program YESS akan berkhir pada tahun 2025, maka saya berharap program ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin mengingat Kabupaten Malang memiliki potensi pertanian yang sangat besar. 

“Tidak hanya di Desa Ngadas saya berharap nantinya akan banyak lahir para pengusana milenial di bidang pertanian yang tangguh tentunya,” tutur Sekrtaris Badan PPSDMP Kementerian Pertanian

Lebih lanjut beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para petani kentang milenial yang terus mengembangkan dan mempertahankan pertanian kentang. 

“Kalau beraskan mungkin hanya produk pangan asia, tetapi kalau kentang ini merupakan konsumsi produk pangan internasional,” tandasnya (Prokopim/Yus) 

Share this Post: