Bupati Malang Hadiri Haul Syeh Muhammad bin Yusuf / Mbah Jagopati

TAJINAN - Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M hadir memenuhi Undangan Haul Syeh Muhammad bin Yusuf / Mbah Jagopati serta Ceramah Agama oleh KH. Muhammad Masrullah di Makam Mbah Jagopati, Desa Jatisari Kecamatan Tajinan pada Minggu (7/7) pagi. Di antara ratusan jemaah haul turut hadir para habib, alim ulama, para Pejabat Pemerintah Kabupaten Malang serta Camat dan Forkopimcam Tajinan yang nampak khusuk mengikuti peringatan kegiatan haul.

Kegiatan haul diawali dengan kirab grebeg suro oleh warga Kecamatan Tajinan. Kegiatan tersebut juga diisi dengan Marching Band dan pawai hasil bumi, Gerebeg Suro ini mengangkat nilai-nilai gotong royong ditengah masyarakat.

Dalam sambutannya, pertama-tama Bupati Malang menyampaikan selamat memperingati Haul kepada segenap keluarga besar masyarakat Desa Jatisari, Kecamatan Tajinan. Tidak dapat di pungkiri bahwa peringatan haul merupakan manifestasi dari upaya masyarakat Kabupaten Malang dalam melestarikan nilai tradisi yang agamis.

"Mbah Jagopati sendiri sebagai salah satu ulama besar yang sangat kita hormati, telah memberikan teladan yang luar biasa dalam menjalankan ajaran agama Islam dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan. Beliau adalah sosok yang patut kita teladani, baik dalam hal ketakwaan, keilmuan, maupun pengabdian kepada masyarakat," ucap Bupati Malang.

Di sisi lain, yang menghadiri kegiatan pada pagi hari ini juga sangat beruntung karena akan mendapatkan pencerahan dari ceramah agama yang akan disampaikan oleh Al Mukarrom KH Moh Masrulloh, Lc. MA. Bupati Malang berharap agar nantinya ceramah yang akan disampaikan dapat memberikan ilmu dan hikmah yang bermanfaat bagi kita semua, serta semakin memperkuat keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

"Maka dalam kesempatan ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan doa untuk Almarhum Mbah Jagopati, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan ampunan-Nya, serta menempatkan beliau di tempat yang terbaik di sisi-Nya," ajak Bupati Malang.

Terakhir, Bupati Malang berharap kegiatan haul ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengenang dan mendoakan, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat Kabupaten Malang terkhusus warga Kecamatan Tajinan. Berharap dengan kebersamaan ini, kita dapat terus menjaga dan mengembangkan nilai-nilai agama serta budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur kita. (prokopim/dhe)

Share this Post: