MALANG - Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi MM, didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Malang, di Peringgitan Kabupaten Malang, Rabu (13/2) pagi.

Hadir mendampingi Wakil Bupati Malang dalam kunjungan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Malang diantaranya, Asisten Pemerintah Kesejahteraan Rakyat Sekda, Abdul Kodir, S.Sos., M.M. Drs Suwadji selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Ir. Bachrudin, MSi. MT. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ir. Sri Meicharini, MM, Kasatpol Linmas, dan perwakilan dari Dinas Perhubungan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Kabupaten Malang, Santoko bertujuan menyampaikan update perkembangan kesiapan KPUD dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019, 17 April mendatang. Santoko menjelaskan, pertemuan dengan Pemkab ini dimaksudkan sebagai langkah untuk menyampaikan tentang progres kesiapan KPUD dalam kesiapan menyelenggarakan Pemilu 2019 mendatang.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan bahwa ada beberapa hal yang sifatnya sebagai daya dukung pelaksanaan Pemilu mendatang, dalam hal ini adalah kebutuhan gudang logistik dibeberapa kecamatan masih belum representatif. ''Prinsipnya tidak terdapat kendala yang sangat berarti, tapi kami menyampaikan terkait dengan kebutuhan gudang logistik, gudang kami belum representatif untuk menampung kemudian melakukan proses teknis lipat dan sortir, termasuk mendistribusikan logistik ke seluruh wilayah kecamatan di kabupaten Malang, " terangnya.

Lanjutnya, secara regulasi tidak ada celah bagi KPUD untuk melakukan atau memberi memberikan pelimpahan tugas proses teknis lipat dan sortir surat suara kepada Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK). " Maka syarat yang harus kami dapatkan adalah gudang yang sangat representative untuk melakukan lipat dan sortir surat suara, sebab perhari kami menghitung 300 sampai dengan 500 orang tenaga lipat dan sortir terhadap surat suara yang jumlahnya lebih dari 10 juta, dari 5 jenis pemilihan di Kabupaten Malang. " ujarnya.

Wabup menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan segera melakukan koordinasi dengan beberapa OPD yang terkait dengan segala kebutuhan KPUD, agar Pemilu ini berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita bersama. "Kami akan berupaya, agar sesuai dengan prosedur untuk penyelenggaraan pemilu, salah satunya pengadaan kaos bagi Linmas agar memenuhi jumlah yang dibutuhkan yaitu sekitar 4000. Terkait dengan gudang logistik, kami akan melakukan survey untuk mendapatkan tempat yang representative sesuai apa yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pemilu mendatang," jelasnya. (humas/tup)