BULULAWANG - Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna mendoakan para pelaku UMKM mampu sukses dan maju hingga menjadi seorang pengusaha besar. Doa tersebut disampaikan Pak Rendra, sapaan akrab Bupati ketika membuka acara Gebyar dan Bazar UMKM bertajuk 'Jadi UMKM, Siapa Takut' di Pasar Desa Sempalwadak, Kecamatan Bululawang, Sabtu (6/1) pagi.

Dalam sambutannya, Pak Rendra mengatakan, sebagai Bupati aka terus menerus mendukung dan memfasilitasi yang terbaik bagi para pelaku UMKM. Dukungan itu baik berupa pelatihan, pemberian bantuan langsung dan bantuan kredit lunak kepada pelaku UMKM.

"Harapan kami marilah bersama-sama bersimergi membangun UMKM untuk menjadikan UMKM menjadi pabrik besar. Kita bersama-sama juga harus berusaha dan berdoa agar UMKM ini merangkak menjadi pengusaha besar dan bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kabupaten Malang," harapnya.

Bupati juga berpesan, ketika usahanya sukses dan maju, maka para pelaku UMKM ini bisa menjadi orang bermanfaat bagi lainnya. Artinya, kata dia, jadilah pengusaha yang bisa bermanfaat bagi orang lain dengan menyerap pekerja.

"Para pengusaha yang demikian ini juga sebagai ahli surga. Sebab, dalam usahanya punya niatan ikhlas dan ibadah. Selamat mengikuti kegiatan gebyar da bazar ini, serta usaha semoganya sukses dan semakin sukses," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati menyebut, keberadaan UMKM sangat berpengaruh pada perekonomian di Kabupaten Malang, terutama di wilayah desa. Bahkan, PDRB (Produk Domistik Regional Bruto) Kabupaten Malang sebesar Rp 85 Triliun itu 50 persen atau separuhnya disumbangkan oleh UMKM.

"Jadi pemerintah tidak memandang sebelah mata terhadap keberadaan UMKM ini. Mereka pada dasarnya bergerak untuk memajukan perekonomian melalui UMKM. Puluhan ribu tenaga kerja terserap di UMKM yang jumlahnya lebih dari 420 ribu usaha tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Malang," ujar Pak Rendra. (humas/poy)