DARI PRESIDEN : Ketiganya meliputi Piala Nirwasita Tantra, Piala Adipura dan Piala Proklim akan dikirab mulai Stadion Kahuripan Turen hingga ke Kota Kepanjen, Kamis (14/9) besok pagi.

Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia Tahun 2017

KEPANJEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan menggelar Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia Tahun 2017 di Stadion Kahuripan Talok Turen, Kecamatan Turen, Kamis (14/9) besok pagi. Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan Kirab Tiga Thropi penghargaan bergengsi yang diterima Kabupaten Malang dari Presiden Republik Indonesia,  Ir. Joko Widodo yang diterima Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna di Jakarta, Rabu (2/8) lalu.

Tiga thropi penghargaan itu meliputi kategori Juara I Nirwasita Tantra, Adipura ke 10 bagi Kota Kepanjen dan Desa Proklim Tingkat Nasional yang diterima Desa Rejosari Kecamatan Bantur. Kirab akan mengambil start di Stadion Kahuripan Talok Turen dengan melintasi jalan utama Kecamatan Turen, Gondanglegi dan Kota Kepanjen. Kemudian, ketiga thropi dikirab keliling Kota Kepanjen melintasi Desa Kedung Pendaringan, hingga finish di Kantor Kecamatan Kepanjen.  

“Besok pagi (Kamis, red), tiga thropi penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia akan diarak dengan mengambil start dari Stadion Talok Turen, menuju ke Kota Kepanjen. Sebelum di kirab, Bapak Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna menyerahkan Piala Adipura kepada Ketua DPRD Kabupaten Malang, kemudian oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang diserahkan kepada Camat Turen untuk selanjutnya dikirab,” terang Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Malang, Drs. Suwadji, S.IP, M.Si di ruang kerjanya.

Suwadji menambahkan, thropi Nirwasita Tantra merupakan penghargaan yang diberikan kepada tiga kepala daerah atas keberhasilan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup. Sedangkan penghargaan Adipura ke 10 kategori Kota Kecil yang diterima Kota Kepanjen dan penghargaan Proklim diberikan kepada desa yang pro aktif mengatasi perubahan iklim. Ia pun mengajak masyarakat Kabupaten Malang untuk ikut menyambut keberhasilan dan memeriahkan kirab tersebut.  

“Sejumlah kegiatan juga digelar Pemkab Malang dalam mengisi Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2017. Diantaranya, Bupati dan jajaran Forpimda melaksanakan penanaman pohon, kemudian melepaskan burung ke alam bebas. Selain itu, juga pengumuman pemenang lomba fotografi dan menulis puisi, penyerahan sembako kepada masyarakat miskin, dan Launching Gerakan Jumat Bersih dalam rangka mewujudkan Kabupaten Malang bebas sampah pada tahun 2020,” tambah Suwadji. (humas/poy)