KEPANJEN – Bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna memimpin Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-34 Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Malang, Senin (11/9) pagi tadi di Halaman Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Hadir dalam peringatan tersebut, Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM., Kapolres Malang, Ketua KONI Kabupaten Malang, Jajaran Forpimda, Tokoh Olahraga seperti pelatih, penasehat serta pimpinan cabang olahraga (cabor), tokoh masyarakat serta rekan media.

Dalam moment HAORNAS tahun ini dimanfaatkan untuk menggelar berbagai event sebagaimana yang disampaikan Bupati Malang ketika ditemui awak media usai acara. “Tentunya pada peringatan ini banyak diadakan eksebisi maupun pertandingan seperti sepak bola yang kembali digelorakan semangatnya bagi putri-putri bangsa yang dulu Kabupaten Malang sudah pernah masuk dalam grup nasional. Selain itu, olahraga yang bersifat fun masih terus kita kembangkan,” jelasnya.

Berbicara mengenai tema yang diambil dalam peringatan ini ‘Olahraga Menyatukan Kita’, Bupati menyampaikan bahwa, “olahraga tidak mengenal kata politik, suku, kelompok tapi kita bersatu bersama-sama antar bangsa maupun dunia. Di desa-desa di Kabupaten Malang, hampir semuanya sudah memiliki lapangan sepak bola, yang penting masyarakat desa bisa berolahraga, bersantai didukung fasilitas yang tiap tahun terus ditingkatkan itu juga demi meraih prestasi-prestasi tingkat nasional hingga kancah internasional”.

Sebelum upacara dimulai, Wabup beserta Kapolres Malang didampingi Ketua KONI memberangkatkan 1700 peserta lomba marathon menempuh jarak 5 km yang terdiri dari putra putri siswa SMP/SMA se-Kabupaten Malang. Selain marathon, cabor yang dikompetisikan antara lain sepak bola putri dari 14 club, pencak silat, eksebisi wushu, tinju, taekwondo, muaythai serta lomba - lomba tradisional.

Tak hanya berbagai lomba yang diselenggarakan tetapi dalam peringatan HAORNAS ini diwarnai dengan peresmian Kantor KONI Kabupaten Malang yang lokasinya tidak jauh dari kantor yang lama yakni di sebelah selatan Kantor Dispora. “Saya mengapresiasi KONI yang dipimpin Pak Asyari ini karena atas apa yang disumbangkan melalui prestasi para atlet bangsa mampu mengharumkan nama Kabupaten Malang khususnya,” ungkap Bupati dalam sambutannya seusai meresmikan kantor tersebut. 

Dalam kesempatan yang sama, CSR Bank Jatim kembali menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil operasional bencana kepada Pemerintah Kabupaten Malang yang secara simbolis diterima oleh Bupati Malang didampingi Kepala BPBD setempat. Tidak hanya itu, Bupati Malang juga menyerahkan piagam penghargaan sekaligus uang tunai kepada enam tokoh olahraga diantaranya H. Rosidin, S.Pd, Hj. Cholis Bidayati, Drs. Rahman, Suhud, Susan, Hisyam. (humas/win)

Sedangkan dari atlet berprestasi terdapat 199 orang yang diterima secara simbolis kepada :

  1. Muhammad Alwi dari Kecamatan Kepanjen sebagai penerima piala bergilir futsal Kabupaten Malang
  2. Sharul Ramadhan dari SDN 4 Kalipare dan Verina Bernice dari SDN 2 Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo, Pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)
  3. Rachmad (Cabor Atletik), Vania Putri Harioko (Cabor Selam), Indra Kurnia Wardhana (Cabor Tarung Grajat) sebagai atlet berprestasi tingkat Internasional, Nasional maupun regional.