GAYENG - Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM saat hadir di Haul ke 7 Pendiri PP Radhatul Ulum 2 di Gondanglegi, semalam.

GONDANGLEGI - Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM menghadiri Haul Akbar ke 7 KH. Qosim Buchori, Pendiri PP. Raudlatul Ulum 2 di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Sabtu (9/9) malam. Ia mengapresiasi kegiatan yang mendatangkan Majelis Maulid Watta'lim Riyadlul Jannah se Malang Raya tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Wabup mengatakan kegiatan semacam ini mampu menjadikan Kabupaten Malang menjadi tetap sejuk. Ia berharap mudah-mudahan majelis ini terus dan menerus diridhoi Allah SWT makin lama makin besar. Pasalnya, seluruh peserta yang berasal dari wilayah Malang Raya ini antusias dan  khidmat hingga acara berakhir hingga pukul 01.00 WIB, pada Minggu (10/9) dini hari. 

"Di Indonesia ini memang unik, saya pernah kedatangan lima negara yakni dari Amerika, Mesir, Thailand, Hongkong, China dan Brasil menyatakan Islam sebenarnya itu Islam di Indonesia yang benar. Toleransi beragamanya, kehidupannya damai, kita beribadah dilindungi pemerintah. Masjid, gereja dan tempat ibadah lainnya berjajar aman," ujarnya. 

Wabup menambahkan, berbagai negara asing akan datang ke Kabupaten Malang untuk menunjukkan kedamaian beragama sebenarnya ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Malang. Disampaikannya, kondisi ini juga barokahnya Riyadul Jannah. Ia berpesan kepada seluruh yang hadir bertanggung jawab seperti yang disampaikan Gus Rofiq untuk terus menggelorakan dan mensiarkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

"Juga yang disampaikan Gus Hamim (Pengasuh PP Raudlatul Ulum 2, red) bahwa pondasi kedamaian di Indonesia dan agama Islam berkembang dengan baik karena adanya pondok pesantren. Mudah-mudahan pondok pesantren ini terus didukung kita semua dengan memasukkan anak-anak kita ke pondok pesantren tidak hanya ke sekolah umum," pungkas Wabup.

Sementara, Haul Akbar ke 7 KH. Qosim Buchori, Pendiri PP Raudlatul Ulum 2 digelar sebagai bentuk rasa syukur keluarga besar PP setempat. Pengasuh PP Raudlatul Ulum 2, M. Hamim Kholili menyebut keutamaan manfaat haul ini tidak hanya untuk orang yang sudah meninggal saja, tetapi kepada yang masih hidup. Dikatakannya, sebagai umat muslim membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW untuk memohon barokah, keselamatan dunia akherat.

"Sedangkan tujuan haul ini untuk melakukan doa bersama sebagai wujud rasa terima kasih kepada KH Qosim Bukhori sebagai ulama pendiri pesantren. Selain itu, acara ini sebagai ajang silahturahmi bagi alumni pondok. PP ini selain tempat menuntut ilmu agama ala pesantren Salafiyah juga terdapat pendidikan formalnya. Antara lain berdiri SMP, SMA dan MA," terang Gus Hamim. (humas/poy)