Bupati terpukau teringat masa kecilnya dahulu, saat siswa SLB memainkan permainan tradisional

LAWANG - Dalam rangka mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA), hari ini tepat pada tanggal 7 September 2017 diselenggarakan program Outdoor Classroom Day (OCD) yang di laksanakan secara serentak di 30 sekolah di Indonesia salah satunya Kabupaten Malang dan di 22 negara di Dunia. Di Kabupaten Malang sendiri OCD digelar di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Kecamatan lawang yang di hadiri oleh Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna, hari ini Kamis, (7/9) pagi.

Pada Kesempatan tersebut Bupati tampak terpesona saat menyaksikan langsung aktivitas para siswa sekolah luar biasa tersebut, dengan pendidikan permainan tradisional. “Pola pendidikan permainan tradisional seperti ini, sangat membantu para siswa nanti jika sudah terjun di masyarakat,” tutur Pak Rendra sapaan akrab Bupati Malang ini yang terpukau teringat masa kecilnya dahulu.

Acara kunjungan bagi siswa siswi SLB tersebut sangat berkesan bukan hanya bagi Bupati tapi juga semua peserta dan tamu undangan. Karena dalam acara yang dikemas apik tersebut Bupati diajak pihak sekolah melihat secara langsung berbagai pola permainan dan pembelajaran yang ramah anak seperti permainan gobaksodor, egrang, tekongan dan sebagainya.

“Permainan sekarang ini bersifat digital seperti bermain game dan HP yang berbeda dengan permainan tradisional. Permainan digital ini menjadikan anak tidak bisa bersosialisasi dan berefek jika bermasyarakat nantinya. Sedangkan permainan tradisional mereka bisa bersosialisasi karena ada teman banyak yang ikut bermain,” terang Pak Rendra.

Program Outdoor Classroom Day ini adalah hasil program kerja Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Kemendikbud dan Kemenag. Tampak mendampingi Bupati Malang Muspika Lawang serta Kepala Sekolah SLB setempat Yuni Astuti, MPd. Tidak kurang dari ratusan siswa juga diberikan waktu untuk memainkan latihan ketangkasan dan permainan tradisional, juga di tutup dengan dialog bersama para siswa siswi Sekolah Luar Biasa. (humas/satria)