HEWAN KURBAN : Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna menyerahkan hewan kurban kepada takmir Masjid Thoriqul Huda, Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Jumat pagi.

TAJINAN - Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna melaksanakan sholat Idul Adha 1438 Hijriah di Masjid Jami Thoriqul Huda, Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Jumat (1/9) pagi. Pak Rendra, sapaan akrab Bupati Malang juga menyerahkan hewan kurban seekor sapi jenis limuosin dengan berat 750 kg kepada masyarakat setempat melalui takmir Masjid Jami Thoriqul Huda. 

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan perayaan Idul Adha dilakukan setiap tahun bersama umat muslim di seluruh dunia memiliki nilai sejarah tinggi.  Karena pada tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijjah atau disebut Hari Tasrik, umat muslim dituntut berqurban demi kemenangan pada kehidupan dunia dan akhirat. Kemenangan pengorbanan umat Islam ini diwujudkan dalam sholat sunnah Idul Adha dan dikumandangkan takbir, tahlil dan tahmid sebagai bentuk memuji kebesaran Allah. 

"Apa yang kita lakukan saat ini, merupakan suatu ajaran melatih kepekaan dan kepedulian sosial kita kepada antar sesama sebagaimana kita beriman dengan mencontoh tauladan yang diwariskan Nabi Ibrahim AS yang kala itu mengorbankan puteranya Ismail AS. Namun karena ketaatan dan keiklasan oleh Allah SWT digantikannya dengan seekor domba," ujar Bupati. 

Pak Rendra mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Malang untuk kembali membangkitkan nilai-nilai esensial Idul Qurban yaitu pengorbanan untuk keyakinan dan rasa persaudaraan,   mendorong dan meningkatkan hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia, memupuk sifat rela berkorban untuk kepentingan yang lebih bernilai tinggi, meningkatkan dan terus mendorong rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Selamat hari raya Idul Adha 1438 Hijriah dan selamat menjalankan ibadah qurban. Mari kita doakan mereka yang tengah menunaikan ibadah haji semoga sampai ke tempat tujuan dan kembali ke tanah air dengan selamat dengan mendapatkan predikat haji mabrur yang dirodhoi Allah SWT," terang Pak Rendra. 

Usai sholat Idul Adha, Bupati menandatangani prasasti pembangunan empat masjid antara lain Thoriqul Huda, Nurul Huda, Miftakhul Huda dan Sabilul Huda yang kesemuanya berada di Kecamatan Tajinan. Pak Rendra kemudian secara simbolis membagikan 100 paket sembako dari Baznas Kabupaten Malang. Di akhir kegiatan, pria ramah ini menyerahkan satu ekor sapi jenis limuosin kepada takmir Masjid Thoriqul Huda. Sapi dengan berat 750 kg ini merupakan satu dari empat sapi yang disiapkan Pemkab Malang untuk hewan kurban. (humas/poy)