Bupati Malang Dukung BPUM Segera Terealisasi

MALANG - Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M bersama jajaran kepala OPD kabupaten malang serta seluruh Camat Kabupaten Malang menggelar Rapat Koordinasi Sosialisasi Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) acara berlangsung di Ruang Anusapati Pendopo Kabupaten Malang, Selasa (6/4) siang. 

Dalam sambutannya bupati mengatakan kegitan ini di perlukan untuk mensosialisasikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) agar segera terlaksana. Kegiatan ini juga dapat menunjang visi dan misi Kabupaten Malang yaitu Malang Makmur, sehingga nantinya banyak masyarakat yang akan mengetahui program BPUM ini. 

Pada masa Pandemi saat ini percepatan dan pengembangan kegiatan ekonomi sangatlah penting, mengingat laju roda ekonomi yang bergerak cepat akan menompang peningkatan pendapatan di daerah. “Ini merupakan kesempatan yang jangan sampai terlewati untuk itu marilah kita kerja kerja kerja” ucap Bupati Malang. 

Pada tahun 2020 kegiatan ini berakhir d bulan November 2020 dan pda tahun 2021 ini baru akan d buka pada bulan ini. Dalam hal ini beberapa waktu yang lalu kementrian koprasi dan usaha mikro sedang memvalidasikan data terkait dengan penerima data BPUM tahun ini. 

Untuk mendukung hal tersebut Bupati kembali mengingatkan kepada para Camat untuk aktif mengumpulkan data yang akurat terkait potensi usaha ekonomk masyarakat. Untuk itu para Camat di harapkan untuk selalu aktif mengumpulkan data terkait potensi ekonomi masyarakat.  

Di akhir sambutannya Bupati juga berpesan kepada seluruh Pimpinan OPD untuk senantiasa meningkatkan keprofesionalan dan kreatifitasnya untuk mendukung tercapainya visi dan misi Kabupaten Malang. Dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat dan banyak dapat membantu masyarakat. 

Disamping itu Kepala Dinas Koprasi dan Usaha Mikro Pantjaningsih Sri Redjeki melaporkan adanya perbedaan usulan BPUM pada tahun 2021 ini, pengusul hanya di perbolehkan dari Dinas Koprasi dan Usaha Mikro saja. Adapun kuota dari BPUM tahun ini mencapai 14jt lebih banyak di banding tahun lalu. 

Saat ini sedang dilakukan pengusulan identitas calon penerima, BPUM ini akan di berikan dengan syarat kriteria yang pertama BPUM akan di berikan kepada pelaku usaha mikro yang tidak sedang menerima kredit usaha rakyat atau KUR. Adapun syarat meliputi WNI, memiliki KTP elektronik, memiliki usaha mikro yang di buktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari Pengusul BPUM berserta lampiran yang merupakan satu kesatuan. Penerima bukan merupakan Aparatur sipil negara (ASN), bukan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesi, bukan Anggota BUMN ataupun BUMD dan bukan anggota BNI. BPUM Ini di berikan sejumlah 1.200.000 secara sekaligus kepada penerima disalurkan langsung melakui rekening penerima dengan Bank yang telah di tunjuk maupun melewati Kantor Pos yang telah di tunjuk. 

Adapun pengusul BPUM ini calon oleh dinas koprasi usaha mikro Kabupaten Malang serta pengusul memvalidasi kebenaran data penerima BPUM karena menjadi tanggup jawab penerima dan pengusul BPUM, oleh karena itu kamu akan berkerja sama dengan para camat. Usulan nanti akan secara berjenjang melalui Dinas Koprasi dan Usaha Mikro provinsi.(hum/gis)

Share this Post: