Ke Ngajum, Abah Sanusi Dampingi Menkumham Resmikan SAE L'SIMA

NGAJUM - Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M menerima dan mendampingi kunjungan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna Hamonangan Laoly beserta rombongan dalam rangka Peresmian Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Kelas I Malang (SAE L'SIMA) dan L'SIMA Bike Park di Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Rabu (16/9) pagi. Tampak turut hadir pula dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah serta para pejabat di lingkungan Kemenkumham, Walikota dan Wawalikota Batu, Forkopimda Kabupaten Malang, Kakanwil Jatim, Plt. Kadiv Pas Jatim, Kalapas I Surabaya, Kakanim I Surabaya, Kalapas I Malang, Kalapas Wanita, dan sejumlah warga binaan yang diundang.

Dalam sambutannya, Menkumham menyebut program asimilasi tersebut merupakan salah satu program untuk memberikan warga binaan bisa memiliki keterampilan dan bekerja di luar lembaga pemasyarakatan sekaligus belajar bersosialisasi dan berbaur dengan masyarakat yang lain. Meski tidak semua narapidana memperoleh kesempatan asimilasi ini lantaran ada tahapan dan syarat yang harus mereka lalui, berhasil lolos pengamatan antara lain berkelakuan baik, tidak hanya sekedar menjalani masa hukuman. Mereka dikembalikan ke masyarakat melalui program proses pembinaan, pemasyarakatan, pembelajaran pendidikan kemandirian dan moral sehingga menjadi anak-anak yang berkontribusi kepada bangsa dan negara. Beliau berharap, SAE L'SIMA dan L'SIMA Bike Park ini juga bisa menjadi tempat wisata tak terkecuali berkonsep eco tourisme seperti mengajarkan bagaimana tata cara bertani dan berternak sapi, serta menjadi pilot project untuk pembangunan di wilayah lainnya.

''Salam Satu Jiwa, Arema. Kunjungan saya hari ini sangat luar biasa. Ada harapan yang mendalam dari hati nurani, dan terima kasih, program asimilasi dan edukasi untuk mengangkat derajat warga binaan agar mereka bisa diterima kembali di masyarakat yang taat hukum dan berguna bagi bangsa dan negara. Disinilah harapan tadi bisa diwujudkan, karena warga binaan dapat belajar dan pembelajaran. Bagaimana menjadi pribadi yang mandiri, tangguh dan siap berkompetisi. Tempat ini selain sebagai media pelatihan, serta salah satunya untuk mempertahankan kedaulatan rakyat. Mereka tersesat, mereka bertaubat. Harapannya, masyarakat bisa menerima dengan baik dan tangan terbuka. Warga binaan di seluruh tanah air juga harus tunjukkan kepada Indonesia dan dunia bahwa kalian bermanfaat kepada masyarakat. Terima kasih kepada Pak Bupati yang telah memberikan perhatian besar, ada bantuan pembangunan jalan dan lampu penerangan jalan. Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Pusat yang terjalin baik," terang Yasonna Laoly.

Terpisah, Bupati Malang dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Abah Sanusi, sapaan akrab Bupati Malang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menhukam untuk meresmikan SAE L’SIMA dan L’SIMA Bike Park. Bupati menilai dengan berkonsep pengembangan sarana asimilasi dan edukasi ini selain sebagai lokasi pembinaan dan pelatihan bagi warga binaan Lapas, juga memiliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata edukasi. Hal tersebut tentunya juga sejalan dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Malang untuk terus mengembangkan sektor pariwisata ini menjadi katalis pembangunan. Melihat hal tersebut, Bupati sangat optimis bahwa dengan keberadaan SAE L'SIMA dapat menarik dan akan menjadi wadah strategis, serta menjadi tempat yang nyaman bagi warga binaan Lapas.

''Lingkungan sejuk dan asri disini tentunya akan sangat menunjang kegiatan pelatihan dan pembinaan para warga binaan. Lebih lanjut keberadaan Sarana Asimilasi dan Edukasi ini juga menjadi bagian dalam rangka mewujudkan Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020, yang digagas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Resolusi Pemasyarakatan ini merupakan langkah strategis untuk mengatasi berbagai persoalan dan tuntutan masyarakat mengenai pemasyarakatan. Berkaitan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Malang akan selalu siap untuk mendukung dan ikut terlibat dalam mewujudkan Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020, sehingga pemasyarakatan dapat menjadi institusi yang mempunyai peran dalam membangun peradaban bangsa, melalui skema pengembangan sumber daya manusia yang unggul, dan berdaya saing," jelas Abah Sanusi.

Dalam kegiatan ini, Bupati menyerahkan penghargaan kepada Kalapas I Malang selaku Pelopor Pembangunan Wisata berbasis Edukasi dan Penyerahan bantuan vitamin dan alat kesehatan kepada warga binaan. Sementara, Sanusi juga menerima penghargaan dari Menkumham lantaran Pemerintah Kabupaten Malang dinilai turut berpartisipasi dan mendukung penuh dalam pembangunan SAE L'SIMA, serta penyerahan sertifikat pelatihan kerja. (humas/poy)

Share this Post: